HOME » BERITA » TANTANG SUZUKI JIMNY, DAIHATSU TERIOS KID AKAN DIHIDUPKAN LAGI?

Tantang Suzuki Jimny, Daihatsu Terios Kid Akan Dihidupkan Lagi?

Daihatsu tampaknya panas dengan antrean Suzuki Jimny yang mengular. Kabarnya Daihatsu akan menghidupkan lagi Daihatsu Terios Kid.

Jum'at, 13 Desember 2019 19:45 Editor : Cornelius Candra
Tantang Suzuki Jimny, Daihatsu Terios Kid Akan Dihidupkan Lagi?
Daihatsu Terios Kid 2001 (carjunction.com)

OTOSIA.COM - Antrean inden Suzuki Jimny di Indonesia makin panjang. Belum lama ini, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyebut masa tunggu SUV ikonik itu telah mencapai 4 tahun.

Ini menjadi bukti bahwa kehadiran Suzuki Jimny benar-benar dinanti pasar otomotif Indonesia. Sebenarnya, antrean itu tak terlepas dari status CBU (completely built-up) atau diimpor secara utuh dari Jepang.

Hal itu rupanya membuat panas pabrikan asal Jepang lainnya, Daihatsu. Mengutip dari BestCarWeb, mereka kabarnya saat ini tengah menimbang-nimbang untuk membuat rival Suzuki Jimny.

Menurut sumber yang sama, mereka berencana untuk melahirkan kembali Daihatsu Terios Kid. Mobil ini adalah versi kei car dari Daihatsu Taruna yang hanya beredar di Jepang pada 1998-2012.

1 dari 3 Halaman

Sasis Monocoque

Tantang Suzuki Jimny, Daihatsu Terios Kid Akan Dihidupkan Lagi?Sasis Monocoque

Generasi terbaru Daihatsu Terios Kid kabarnya akan dibangun di atas platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Sebelumnya, konstruksi ini telah digunakan pada Daihatsu Tanto dan Daihatsu Rocky.

Rumornya, Daihatsu Terios Kid juga akan berpenggerak full-time 4WD agar layak bersaing dengan Suzuki Jimny. Hanya saja, mobil ini nantinya menggunakan sasis monocoque, bukan ladder-frame seperti rivalnya.

Mereka menganggap bahwa mengembangkan sasis ladder-frame untuk melawan Suzuki Jimny merupakan pemborosan. Sayangnya, belum ada informasi terkait dapur pacunya.

Kemungkinan, Daihatsu nantinya juga menyematkan mesin 4-silinder inline 1.500 cc. Sumber yang sama juga menyebut bahwa generasi terbaru Daihatsu Terios Kid akan menampakkan wujudnya pada semester pertama 2020 mendatang.

2 dari 3 Halaman

Daihatsu Waku Waku

Tantang Suzuki Jimny, Daihatsu Terios Kid Akan Dihidupkan Lagi?Daihatsu Waku Waku

Sebelumnya, pada gelaran Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu juga memamerkan sebuah mobil konsep bergenre SUV. Mobil bernama Daihatsu Waku-Waku ini disebut-sebut sebagai calon rival Suzuki Jimny.

Keyakinan ini tak terlepas dari konsep SUV dengan bodi yang cenderung mengotak atau boxy berukuran kecil. Selain itu, jarak ke tanah juga terbilang tinggi sehingga mumpuni untuk melibas medan off-road.

Sekilas, Daihatsu Waku Waku sangat memungkinkan untuk diproduksi massal. Desainnya tampak futuristik, namun masih sesuai dengan tren saat ini, setidaknya sampai 2 hingga 3 tahun mendatang.

Di eksterior, terdapat berbagai komponen yang memperkental nuansa SUV. Sektor depannya dibekali skid-plate dan bumper gagah, serta dipadu body cladding hitam yang berlanjut hingga pintu belakang.

3 dari 3 Halaman

Modern dan Canggih

Tantang Suzuki Jimny, Daihatsu Terios Kid Akan Dihidupkan Lagi?Modern dan Canggih

Teknologi full-LED lighting pun disematkan pada Daihatsu Waku Waktu. Selain itu, nampaknya di kaca depan terdapat sensor yang kemungkinan akan berguna sebagai penunjang fitur keselamatan.

Dari gambar yang telah disebar, Daihatsu Waku Waku memiliki konfigurasi 2-seater dengan 5 pintu. Pintu belakangnya dapat terbelah 2, bagian atas terbuka ke samping, sedangkan setengah sisanya terbuka ke bawah, seperti SUV premium Eropa.

Atap Daihatsu Waku Waku pun terbilang menarik. Di atas kabin depan terpasang sunroof berukuran besar, sedangkan atap bagian belakangnya bisa dibuka. Hal ini tak hanya menciptakan suasana kabin yang terang dan luas, tapi juga memunculkan aura modern.

Sektor dashboard pun tampak canggih, berkat 2 instrumen panel bulat dan MID full-digital. Konsol tengahnya pun tampil minimalis, hanya dihuni oleh tuas transmisi dan beberapa tombol serta head-unit display yang sebenarnya berukuran tak terlalu besar.

BERI KOMENTAR