HOME » BERITA » TARIF PARKIR KENDARAAN DI MALANG, SURABAYA, DAN ANCOL AGUSTUS 2019

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019

Banyaknya kendaraan pasti membuat tempat untuk parkir semakin luas juga. Kebutuhan akan lahan parkir memang sangat penting, terutama kota-kota besar. Karena bisa jadi tidak adanya lahan parkir yang memadai membuat para pengendara memarkir kendaraannya secara sembarangan.

Senin, 05 Agustus 2019 17:30 Editor : Ahmad Muzaki
Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019
Tempat parkir mobil (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

OTOSIA.COM - Banyaknya kendaraan pasti membuat tempat untuk parkir semakin luas juga. Kebutuhan akan lahan parkir memang sangat penting, terutama kota-kota besar. Karena bisa jadi tidak adanya lahan parkir yang memadai membuat para pengendara memarkir kendaraannya secara sembarangan.

Hal ini tentu menjadi persoalan tersendiri setiap pemerintah daerah. Mengatur parkir kendaraan memang tidak mudah. Apalagi di pusat keramaian, ini tentu agar tidak mengganggu arus lalu lintas yang ada. Selain lahan, hal lainnya yang cukup menjadi perhatian adalah tarif parkir.

Setiap pemerintah daerah pasti sudah menetapkan tarif parkir kendaraan baik untuk sepeda motor atau mobil. Apabila lahan parkir yang ada dikelola oleh pemerintah sendiri biasanya tarif parkir masih cukup murah. Namun, apabila dikelola pihak swasta tarif parkir akan cukup mahal. Ini dikarenakan masih dikenainya pajak oleh pemerintah setempat.

Nah, lalu berapa sih kisaran tarif parkir di kota besar atau pusat keramaian? Di bawah ini sudah ada beberapa tarif parkir dari beberapa kota besar di Indonesia serta tempat keramaian yang telah berdiri.

1 dari 9 Halaman

Tarif Parkir Kota Malang 2018

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019Tarif Parkir Kota Malang 2018

Siapa yang tak tahu dengan daerah Malang? Daerah yang dijuluki Kota Bunga ini menyimpan banyak wisata alam yang indah. Tak hanya itu, faktanya Malang juga menjadi salah satu pusat pendidikan di Jawa Timur karena sudah berdiri cukup banyak perguruan tinggi baik swasta atau negeri.

Karena menjadi daerah yang cukup istimewa untuk didatangi warga dari kota lainnya, tentu tak heran jika Malang saat ini sudah identik dengan macet. Banyaknya kendaraan juga menuntut pemerintah setempat untuk menyediakan lahan parkir.

Terkait lahan parkir tentu akan ada tarif parkir Kota Malang 2019 juga. Apalagi tarif parkir Kota Malang 2019 juga menjadi salah satu penerimaan daerah. Lalu berapa besaran tarif parkir Kota Malang 2018? Simak tarif parkir Kota Malang 2019 di bawah ini.

Jenis Kendaraan

Tarif Parkir Kota Malang 2019

Reguler

Insidentil

Truk Gandeng

Rp10.000

Rp20.000

Truk Trailler

Rp10.000

Rp20.000

Bus Besar

Rp10.000

Rp20.000

Truk dan Minibus

Rp5.000

Rp20.000

Mobil Sedan

Rp3.000

Rp5.000

Jeep

Rp3.000

Rp5.000

Pickup

Rp3.000

Rp5.000

Mobil Keluarga

Rp3.000

Rp5.000

Sepeda Motor

Rp2.000

Rp3.000

2 dari 9 Halaman

Tarif Parkir Malang City Point

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019Tarif Parkir Malang City Point

Salah satu pusat keramaian yang cukup terkenal di Malang adalah Malang City Point. Tempat ini menyediakan fasilitas yang cukup banyak, terdiri dari Mall, apartemen, dan hotel. Malang City Point berlokasi di jalan Terusan Dieng, kecamatan Sukun Kota Malang.

Sebagai pusat keramaian yang banyak dikunjungi warga, tentunya lahan parkir menjadi pemasukan tersendiri. Sedangkan untuk tarif parkir Malang City Point juga masih wajar sekitar Rp4.000 - Rp5.000 untuk sepeda motor.

Apabila mengacu ke tarif parkir Kota Malang 2019 tentu tarif parkir Malang City Point cukup mahal. Ini dikarenakan lahan parkir di MCP dikelola oleh swasta dan tentunya juga dikenai pajak daerah.

Sedangkan untuk tarif parkir Malang City Point untuk mobil tentu kelipatan dari tarif parkir Malang City Point untuk sepeda motor. Perlu diingat juga bahwa tarif parkir Malang City Point ini bisa berubah sewaktu-waktu.

3 dari 9 Halaman

Tarif Parkir Malang Town Square (Matos)

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019Tarif Parkir Malang Town Square (Matos)

Selain MCP, pusat keramain yang sangat terkenal di Malang adalah Malang Town Square (Matos). Sebagai pusat perbelanjaan dan aneka hiburan serta makanan tentu tempat ini menjadi favorit para warga untuk sekadar melepas penat.

Untuk menuju ke Malang Town Square (Matos) Otolovers bisa menggunakan angkutan kota, ojek online, atau dengan kendaraan pribadi. Apabila Otolovers menggunakaan kendaraan pribadi, pasti akan melakukan parkir, entah itu di dalam atau di luar Malang Town Square (Matos).

Nah, untuk tarif parkir Malang Town Square (Matos) juga cukup murah. Masih sebanding dengan tarif parkir Malang City Point. Untuk sepeda motor tarif parkir Malang Town Square (Matos) sekitar Rp4.000 hingga Rp5.000. Lalu untuk tarif parkir Malang Town Square (Matos) roda empat kelipatan dari tarif parkir Malang Town Square (Matos) sepeda motor.

4 dari 9 Halaman

Tarif Parkir Surabaya

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019Tarif Parkir Surabaya

Di Jawa Timur sendiri Surabaya menjadi daerah terpadat. Tidak hanya itu kemacetan di Surabaya juga sudah cukup parah. Banyaknya kendaraan ini harus dicarikan solusi oleh pemerintah setempat untuk parkirnya.

Oleh karena itu Surabaya memiliki aplikasi bernama GoParkir. Di aplikasi ini Otolovers bisa mencari tempat parkir dengan mudah serta mengetahui besaran tarif parkir Surabaya yang perlu dibayarkan.

Selain mengetahui besaran tarif parkir Surabaya, Otolovers juga bisa memboking tempat parkir yang diinginkan selama slot masih tersedia.

Secara umum tarif parkir Surabaya masih terbilang murah baik untuk roda dua atau roda empat. Nah, di bawah ini ada besaran tarif parkir Surabaya untuk kedua jenis kendaraan tersebut.

Tipe Kendaraan

Tarif Parkir Surabaya

Reguler

Insidentil

Sepeda Motor

Rp1.000

Rp2.000

Mobil

Rp3.000

Rp4.000

5 dari 9 Halaman

Tarif Parkir Inap Bandara Juanda

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019Tarif Parkir Inap Bandara Juanda

Di Jawa Timur Bandara yang sangat sibuk adalah Bandara Juanda yang terletak di Surabaya. Kebanyakan warga Jawa Timur ketika akan pergi jarak jauh yang menggunakan pesawat akan ke bandara ini.

Karena bepergian bisa selama dua hari atau lebih, maka Otolovers bisa menitipkan kendaraan Otolovers di tempat parkir Bandara Juanda. Tentunya setiap tipe kendaraan memiliki tarif parkir bandara Juanda yang berbeda-beda.

Untuk tarif parkir inap Bandara Juanda dimulai dari Rp25.000 sampai Rp70.000. Dan berikut ini detail tarif parkir inap Bandara Juanda serta tarif parkir reguler.

Tipe Kendaraan

Tarif Parkir Bandara Juanda

1 Jam Pertama

Setiap Jam Berikutnya sd. 5 Jam

5 Jam sd. 12 Jam

12 sd. 24 Jam

Inap

Denda (Karcis Hilang)

Roda 2

Rp3.000

-

-

-

Rp25.000

Rp50.000

Roda 4

Rp4.000

Rp2.000

Rp25.000

Rp55.000

Rp50.000

Rp100.000

Roda 6

Rp6.000

Rp3.500

Rp35.000

Rp70.000

Rp70.000

Rp100.000

6 dari 9 Halaman

Tarif Parkir Stasiun Gubeng 2019

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019Tarif Parkir Stasiun Gubeng 2019

Apabila Otolovers sedang di Surabaya dan akan pergi ke luar kota selama beberapa hari dan bepergian dengan kereta api, Otolovers bisa menitipkan kendaraan di tempat parkir stasiun Gubeng. Hal ini tentunya apabila Otolovers naik kereta api melalui stasiun Gubeng.

Sedangkan untuk tarif parkir stasiun Gubeng 2019 juga masih cukup murah, entah untuk tarif parkir stasiun Gubeng 2019 reguler atau tarif parkir stasiun Gubeng 2019 inap. Berikut ini tarif parkir stasiun Gubeng 2019 terbaru.

Tipe Kendaraan

Tarif Parkir Stasiun Gubeng 2019

1 Jam Pertama

Setiap Jam Berikutnya

Inap

Mobil

Rp5.000

Rp2.000

Rp20.000

Sepeda Motor

Rp3.000

Rp1.000

Rp10.000

7 dari 9 Halaman

Tarif Parkir Apartemen Educity

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019Tarif Parkir Apartemen Educity

Memang Surabaya memiliki tempat inap atau tinggal dan belanja yang cukup banyak. Untuk tempat inap atau tinggal mewah salah satunya adalah Apartemen Educity. Karena di kawasan elit pasti tidak sembarang orang bisa mempunyai apartemen di daerah ini.

Apabila Otolovers mau menginap di apartemen Educity tentu bisa saja. Karena menginap dan bisa sampai beberapa hari, berapa tarif parkir apartemen Educity yang harus dikeluarkan Otolovers untuk parkir kendaraan?

Tarif parkir apartemen Educity masih mengacu ke tarif parkir Surabaya, yaitu Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk roda empat. Sedangkan untuk tarif parkir apartemen Educity inap Otolovers bisa memperkirakannya dengan tarif parkir inap di stasiun Gubeng.

8 dari 9 Halaman

Tarif Parkir Ancol

Tarif Parkir Kendaraan di Malang, Surabaya, dan Ancol Agustus 2019Tarif Parkir Ancol

Siapa yang tidak mengetahui Ancol? Tempat berlibur dengan banyak wahana permainan ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Setiap tahun pasti tempat ini ramai dikunjungi, baik dengan keluarga atau dengan teman.

Ternyata untuk masuk ke Ancol Otolovers dikenai biaya tarif parkir Ancol sebesar Rp15.000. Karena setiap kendaraan yang masuk tempat ini dikenai biaya sebesar itu dan merupakan tiket masuk pertama. Tarif parkir Ancol ini tetap sama entah di hari biasa atau weekend.

Dan perlu diketahui juga bahwa tarif parkir yang sudah disebutkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Tergantung kebijakan pemerintah setempat atau penyelenggara pusat keramaian.

9 dari 9 Halaman

Video Parkir Kendaraan

Untuk parkir kendaraan sebaiknya Otolovers cari parkir yang sudah disediakan aja. Karena banyak juru parkir liar yang gunakan tempat seenaknya. Seperti juru parkir di video ini yang kena razia, eh malah mau adu hantam dengan petugas.

BERI KOMENTAR