HOME » BERITA » TARIKAN MESIN TETAP HALUS, PERAWATAN MOTOR MATIC YAMAHA KINI LEBIH HEMAT

Tarikan Mesin Tetap Halus, Perawatan Motor Matic Yamaha Kini Lebih Hemat

Rabu, 24 Oktober 2018 00:01 Editor : Iwan Tantomi
Yamaha

OTOSIA.COM - Mengendarai sepeda motor matic memang paling asyik untuk tunggangan harian. Tanpa harus memindah gigi, cukup dengan menarik tuas gas langsung bisa melaju di jalan. Tapi jangan lupakan perawatannya. Tak hanya sebatas mengganti oli saja, perhatikan juga kondisi komponen yang penting untuk perawatan motor matic kesayangan.

Salah satu komponen yang berperan penting pada skuter matik (skutik) adalah clutch weight shoe atau yang biasa dikenal sebagai kampas kopling ganda. Pasalnya, bagian ini berfungsi menyalurkan dan memutus tenaga putaran dari mesin ke tali penggerak atau van-belt.

Seiring pemakaian, clutch weight shoe perlahan akan aus dan tidak bekerja secara maksimal. Karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan atau pun penggantian setelah skutik menempuh jarak total sekitar 25 ribu km.

Sebagai salah satu produsen motor matic terbesar di Indonesia, Yamaha juga turut menyediakan berbagai suku cadang, termasuk clutch weight shoe. Karena diproduksi oleh pabrikan yang terbilang tenar, kualitas produknya pun tak bisa dianggap remeh.

Selain terus menjaga inovasi motor matic agar tetap pada performa terbaiknya, penggunaan clutch weight shoe asli dari Yamaha juga lebih tahan lama. Dengan kata lain, pemilik motor matic Yamaha bisa menekan biaya perawatan untuk motornya.

Tak hanya itu, kabar gembira pun hadir bagi konsumen setia Yamaha. Pasalnya, pembelian kampas kopling ganda tersebut kini bisa dilakukan dengan membeli part sub assy yang dibutuhkan, misalnya per, damper, atau pun kampasnya saja. Sebelumnya, jika hanya clutch weight shoe yang habis, konsumen harus membeli clutch carrier assy atau 1 paket penuh, beserta dengan per dan dampernya. Hal ini tentu membuat para pengguna bisa tetap menjaga tarikan mesin matic-nya tetap halus tanpa perlu merogoh kocek yang terlalu dalam.

Part sub assy yang bisa dibeli terpisah, yaitu Clutch Weight Shoe, Damper Clutch Weight, dan Spring Clutch Weight. Part sub assy ini sementara baru tersedia untuk tipe motor Yamaha Mio lama dan untuk tipe motor matic terbaru Yamaha akan di sediakan segera. Untuk penggantiannya berikut nomor part yang sudah tersedia:

Clutch Weight Shoe Set Mio Series: 5TL/14D-WE662-00-00

Spring Clutch Weight Mio Series: 5TL/14D-E6626-00

Damper Clutch Weight Mio Series: 5TL/14D-E6629-00

Sebagai informasi tambahan, komponen yang satu ini perlu dicek kondisinya secara berkala. Penggantiannya sendiri bisa dilakukan setiap motor matic sudah melaju hingga 25 ribu km atau bisa juga diganti saat diperlukan. Dengan kampas kopling ganda yang selalu dalam keadaan prima, motor matic kesayangan siap menggeber jalanan dengan maksimal. Info lebih lengkap tentang produk klik di sini.

(kly/tmi)