HOME » BERITA » TATA CARA MEMBUAT MOBIL-MOBILAN DARI KARDUS, COCOK UNTUK MAINAN SI BUAH HATI

Tata Cara Membuat Mobil-mobilan dari Kardus, Cocok untuk Mainan si Buah Hati

Berikut ini informasi tentang cara membuat mobil-mobilan dari kardus

Selasa, 09 Februari 2021 21:45 Editor : Ahmad Muzaki
Tata Cara Membuat Mobil-mobilan dari Kardus, Cocok untuk Mainan si Buah Hati
kardus bekas. youtube.com/rurryramdanu

OTOSIA.COM - Saat ini anak-anak lebih sering menghabiskan waktunya dengan gadget. Mereka lebih suka bermain game atau menonton video di saluran Youtube.

Jelas kebiasaan ini tidak baik, sebab bisa membuat anak anti sosial. Selain itu, sering bermain gadget juga dapat memengaruhi penglihatan anak.

Maka dari itu, perlu untuk membatasi akses gadget demi kebaikan sang anak. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget adalah dengan memberikannya mainan yang menarik.

Jika mainan mobil-mobilan yang banyak dijual di toko tidak mengundang rasa penasaran anak-anak, tak ada salahnya Otolovers mencoba membuat sendiri mainan untuk mereka. Jika perlu ajak sekalian anak-anakmu untuk membuat mainan mereka sendiri.

Tidak perlu memberi bahan-bahan baru untuk membuat mainan, Otolovers bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti kardus. Tidak perlu takut untuk mencobanya karena langkah-langkah membuat mainan dari kardus sangatlah sederhana.

Berikut ini informasi tentang cara membuat mobil-mobilan dari kardus yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com.

1 dari 5 Halaman

Alat dan Bahan

2020 Merdeka.com/Youtube: @Muhammad Fahrul

Cara membuat mobil-mobilan dari kardus yang pertama adalah dengan menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu:

- Kardus, pilihlah kardus yang tebal dan kaku agar hasil mobil-mobilan lebih maksimal.
- Pensil, untuk menggambar pola
- Gunting- Cutter- Lem, bisa menggunakan lem tembak atau lem kayu
- Selotip
- Penggaris
- Alat pewarna, bisa menggunakan spidol, crayon, cat jenis tempera paint atau finger paint. Penggunaan cat bia disesuaikan dengan keinginan dan aman untuk anak.

2 dari 5 Halaman

Membuat Pola Mobil-Mobilan

Cara membuat mobil-mobilan dari kardus berikutnya adalah Otolovers harus membuat pola terlebih dahulu. Langkah satu ini bisa disesuaikan dengan keinginan mobil yang akan Otolovers buat.

Pola pertama yang bisa Otolovers buat adalah pola pintu mobil. Otolovers dapat memulai dengan membuat pintu pada bagian samping kiri terlebih dahulu, kemudian berlanjut ke samping kanan, dalam memotong garisnya usahakan harus dimulai dari bagian atas kardus terlebih dahulu. Untuk menggambar pola pintu Otolovers bisa menggunakan pensil atau spidol. Selesai membuat pola, potong pola yang sudah dibuat tersebut menggunakan cutter.

Selanjutnya Otolovers bisa membuat pola untuk kaca bagian depan menggunakan spidol atau pencil, potong secara perlahan menggunakan cutter atau gunting. Untuk bagian-bagian kecil mobil seperti kaca spion, roda, dan lain sebagainya Otolovers bisa membuat polanya menggunakan kardus lainnya.

3 dari 5 Halaman

Memotong Pola Mobil-Mobilan

2020 Merdeka.com/Youtube: @Muhammad Fahrul

Setelah selesai menggambar pola, Otolovers bisa mulai memotong pola-pola yang sudah Otolovers bentuk sebelumnya. Bagian memotong pola ini membutuhkan ketelitian dan konsentrasi tinggi agar hasilnya menjadi rapi.

Alat pemotong pola yang bisa digunakan yakni gunting atau cutter. Jangan lupa menggunakan penggaris untuk hasil yang lebih maksimal. Bagian-bagian kecil mobil seperti kaca spion dan roda harus lebih teliti ketika memotongnya.

4 dari 5 Halaman

Merakit Pola Mobil-Mobilan

Cara membuat mobil-mobilan dari kardus selanjutnya yakni merakit pola. Pada bagian ini, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah selotip atau lem. Otolovers bisa menggunakan selotip atau lem untuk merakit kaca spion, roda, dan bagian-bagian kecil mobil lainnya untuk direkatkan di mobil yang sudah Otolovers bentuk sebelumnya.

5 dari 5 Halaman

Mewarnai Mobil-Mobilan

2020 Merdeka.com/Youtube: @Muhammad Fahrul

Setelah merakit pola mobil-mobilan, langkah selanjutnya adalah mewarnainya. Langkah satu ini adalah langkah yang paling disukai, khususnya anak-anak. Pada langkah ini Otolovers bisa bermain warna dan menyesuaikan warna yang Otolovers sukai. Apabila anak-anak ikut mewarnai, pastikan selalu dalam penjagaan orang tua.

Setelah itu terakhir Otolovers tinggal tambahkan bagian-bagian kecil mobil seperti lampu depan dan lampu bagian belakang mobil. Untuk lampu mobil Otolovers bisa menggunakan sisa kardus yang telah dibentuk bulatan atau sesuai dengan keinginan Otolobers.

Tak hanya kardus, Otolovers juga bisa menggunakan tutup botol bekas untuk lampu depan, belakang, dan sein. Kemudian untuk membuat interior, bisa menggunakan karton atau kain sebagai dashboard dan piring kertas sebagai setir.

Untuk mempercantik tampilannya, Otolovers juga bisa menambahkannya logo. Jika sudah selesai, mobil-mobilan siap dipakai untuk mainan anak.

Penulis: Novi Fuji Astuti

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR