HOME » BERITA » TATA KELOLA JALAN KOTA SEMARANG SABET PENGHARGAAN IRSA

Tata Kelola Jalan Kota Semarang Sabet Penghargaan IRSA

Senin, 11 Desember 2017 17:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Hafid

OTOSIA.COM - Ajang penghargaan untuk penerapan tata kelola keselamatan jalan, Indonesia Road Safety Awards (IRSA) 2017 yang digelar beberapa hari lalu menobatkan Kota Semarang sebagai pemenang utama di kategori kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah.

Di samping itu, Semarang juga mendapatkan 4 penghargaan mewakili pilar 1 (manajemen keselamatan jalan), pilar 2 (jalan yang berkeselamatan), pilar 3 (kendaraan yang berkeselamatan) dan pilar 5 (penanganan pra dan pasca kecelakaan).

Pencapaian tersebut didasari pengumpulan data oleh Adira Insurance. Adapun langkah yang telah dilakukan pemerintah Semarang, seperti menerapkan sistem jalan satu arah pada 13 ruas jalan dan memiliki moda transportasi massal BRT Trans Semarang dengan 8 koridor dan 295 shelter. Di mana transportasi publik tersebut telah mengangkut 7.725.490 penumpang di tahun 2016, dengan 24,3 persen diantaranya adalah pelajar.

Guna meningkatkan keselamatan berkendara dan jalan, Semarang juga berinovasi dengan melakukan uji kendaraan yang overloading di jalan nasional. Pengujian dilakukan langsung menggunakan alat uji KIR portable untuk menekan potensi kerusakan jalan

Berbagai upaya tersebut menurut data yang dihimpun Adira Insurance, Semarang mampu menurunkan kejadian kecelakaan lalu lintas pada semester 1 tahun 2016 turun 5 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2017.

 (kpl/fid/fdk)

BERI KOMENTAR