HOME » BERITA » TATA RILIS SUV KEMBARAN NAMA TOYOTA HARRIER, HYUNDAI TERANCAM?

Tata Rilis SUV Kembaran Nama Toyota Harrier, Hyundai Terancam?

Kabar soal SUV pabrikan India, Tata Motors kerap beredar ke publik. Mulai dari kontroversi nama yang sama dengan SUV milik Toyota, Harrier, hingga disebut mengancam para rivalnya di India.

Rabu, 23 Januari 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Tata Harrier 2019 versi India (GaadiWaadi)

OTOSIA.COM - Kabar soal SUV pabrikan India, Tata Motors kerap beredar ke publik. Mulai dari kontroversi nama yang sama dengan SUV milik Toyota, Harrier, hingga disebut mengancam para rivalnya di India.

Hari ini, Tata Motors resmi merilis Harrier versi 5-penumpang. Mengutip GaadiWaadi, Hyundai Creta salah satunya yang disebut akan menjadi rival ketat Tata Harrier.

Menariknya, meskipun Harrier adalah pabrikan India, tapi Harrier adalah SUV pertama yang juga menggunakan platform OmegaArc yang sama dengan Land Rover D8. Maka, untuk membuat Harrier bisa dipasarkan dengan harga bersaing, Tata perlu memodifikasi sedemikian rupa.

Tata Harrier 2019 versi India (GaadiWaadi)

Sementara bagian depannya terlihat unik. Apalagi posisi DRL yang menyambung dari bagian grille. Lampu depan yang diposisikan lebih ke bawah dan lebih dekat dengan bumper. Lampu Harrier menggunakan Xenon projector yang sangat terang. Sementara di bawah bumper ada skid plate berwarna silver.

Sisi samping Harrier tak kalah uniknya. Garis jendelanya didesain untuk memberikan efek atap mengapung. Bingkai jendelanya dikelilingi krom tipis.

Di belakang terlihat lampu belakang besar yang juga menggunakan LED. Lampu belakang ini terhubung satu sama lain dengan garis hitam yang membuatnya terlihat gagah. Harrier memang lebih tinggi dan lebih besar dari para rivalnya, seperti Jeep Compass dan Hyundai Creta. Bahkan lebih besar ketimbang Mahindra XUV 500.

Tata Harrier 2019 versi India (GaadiWaadi)

Interiornya disebut menjadi yang paling baik di kelasnya. Pada dasbornya ada layar infotainment bergaya floating 8.8 inci yang didukung Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem itu juga didukung oleh 9-speaker dari JBL.

Kabinnya terlihat banyak sekali ruang penyimpanan, termasuk untuk smartphone. Penumpang belakang Harrier juga tak perlu khawatir kepanasan, karena ada ventilasi AC untuk kursi baris belakang, juga power outlet, dan banyak fitur yang tak dimiliki rivalnya.

Tata Harrier 2019 versi India (GaadiWaadi)

Meski fiturnya melimpah, tapi Harrier rupanya tak menggunakan sistem penggerak 4WD. Harrier juga tak memiliki sunroof dan transmisi otomatis.

Soal mesin Harrier disebut lebih efisien bahan bakar. Karena mesin diesel 2.0L Multijet yang bersumber dari Fiat hanya memiliki tenaga 140 PS dan torsi 350 Nm. Tenaga itu disebut lebih rendah ketimbang Jeep Compass.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR