HOME » BERITA » TAUKAH KAMU, BUS TUA POWNIS USAHA ETNIS TIONGHOA SUPAYA DIAKUI WARGA RI

Taukah Kamu, Bus Tua Pownis Usaha Etnis Tionghoa supaya Diakui Warga RI

Sebuah bus tua dengan lantai kayu dipamerkan dalam ajang INAPA di Jakarta. Bentuknya disebut-sebut masih sesuai zamannya waktu masih aktif tahun 1987.

Kamis, 22 Maret 2018 19:00 Editor : Dini Arining Tyas
Bus Pownis by Dimas Wahyu

OTOSIA.COM - Sebuah bus tua dengan lantai kayu dipamerkan dalam ajang INAPA di Jakarta. Bentuknya disebut-sebut masih sesuai zamannya waktu masih aktif tahun 1987.

Bus ini rupanya dibawa langsung dari Bangka, Sumatera, tepatnya Pangkal Pinang, untuk dipamerkan di Jakarta.

Yang tidak disangka-sangka, sebenarnya bus yang disebut 'Pownis' ini adalah usaha masyarakat Tionghoa untuk diterima sebagai masyarakat Indonesia.

"Dulu kan ada pelarangan bagi perdagangan etnis Tionghoa, tetapi karena merasa ingin diakui sebagai warga negara, maka dia bentuk," kata Yahya, Wakil Pengurus Museum PT Timah Pangkal Pinang.

Pihak PT Timah lah yang kemudian membeli dan merawat bus tersebut sejak 2016.

Soal nama, Pownis sendiri adalah singkatan dari 'Perusahaan Oto Warga Negara Indonesia Sungailiat'. Bus ini mulai beredar tahun 1970-an.

Bus yang dikenal 'Oto Pownis' ini dulu dipakai untuk rute Pangkalpinang-Sungailiat.

Rute itu dibuat setelah Belanda membangun jalan sesuai ketentuan Pasal 30 Lembaran Negara 1831 Nomor 62, yakni Jalan Baturusa ke Distrik Pangkalpinang.

"Karena mereka (warga etnis) mampu membuat bus ini, makanya dia bentuk Pownis supaya bisa diakui sebagai warga negara," ujarnya.

(kpl/why/tys)

BERI KOMENTAR