HOME » BERITA » TEKNIK MENEROBOS BANJIR PAKAI MOBIL MATIK, ANTI MOGOK

Teknik Menerobos Banjir Pakai Mobil Matik, Anti Mogok

Cara mengemudikan mobil matik juga butuh skill dan teknik khusus, apalagi saat menerobos banjir. Hal itu supaya mobil tidak mogok.

Jum'at, 05 April 2019 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Auto Express)

OTOSIA.COM - Banjir di jalan raya kini sudah tak bisa dihindari. Setiap hujan turun dengan deras, dalam hitungan jam, air sudah menggenangi jalanan.

Terkadang para pengguna jalan terpaksa harus menerobos banjir, meskipun sudah tau risiko terparahnya, mobil mogok. Apalagi jika mobil yang dipakai menggunakan transmisi otomatis.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengendarai mobil saat jalanan banjir itu butuh teknik tertentu dan skill yang mumpuni. Mobil dengna transmisi manual dan transmisi otomatis pun tekniknya berbeda.

"Bila baru akan melewati, pastikan ketinggian air tidak terlalu dalam, minimal setengah roda, lebih dari itu lebih baik jangan dilewati. Perhatikan juga pengendara yang lebih dulu melintas, apakah ada lubang atau tidak," jelas Suparna, seperti dikutip dari laman Auto2000.

Lalu tekniknya, jika mobil matik konvensional, arahkan tuas transmisi ke posisi L atau 1. Selama melewati genangan, jangan memindahkan transmisi agar kecepatan mobil bisa terjaga serta putaran mesin tetap bertahan. Tujuannya agar sisa gas buang yang keluar dari knalpot bisa menahan laju air masuk ke dalam ruang mesin lewat jalur pembuangan.

Jaga jarak dengan kendaraan depan. Sebab jika terlalu dekat maka pengendara akan mengnjak rem dan membuat rpm turun. Ketika pedal gas kembali ditekan, tenaga akan turun dan bisa berbahaya bila sudah dalam genakan air karena mobil bisa kehilangan momentum.

Cara menjaga rpm tetap pada putaran tertentu bisa juga dengan menekan pedal gas dan rem secara bersamaan. Teknik bernama stall speed ini sayangnya tak dianjurkan, karena bisa menyebabkan kerusakan.

"Teknik stall speed memang ampuh, tapi juga berisiko. Pertama sudah pasti kampas rem akan cepat aus, begitu juga kampas kopling transmisi otomatis," tandasnya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR