HOME » BERITA » TEKNOLOGI INI AKAN KURANGI KECELAKAAN FATAL KARENA PENGEMUDI MABUK

Teknologi Ini akan Kurangi Kecelakaan Fatal Karena Pengemudi Mabuk

Sebagai salah satu produsen kendaraan yang terkenal sangat konsen terhadap hal keselamatan, Volvo kembali memperkenalkan sebuah fitur teknologi baru yang berguna untuk mengurangi kecelakaan. Fitur ini berguna untuk menekan kecelakaan fatal yang kerap terjadi.

Jum'at, 22 Maret 2019 16:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi kecelakaan mobil (Babcock Partners)

OTOSIA.COM - Sebagai salah satu produsen kendaraan yang terkenal sangat konsen terhadap hal keselamatan, Volvo kembali memperkenalkan sebuah fitur teknologi baru yang berguna untuk mengurangi kecelakaan. Fitur ini berguna untuk menekan kecelakaan fatal yang kerap terjadi.

Dilansir dari Paultan, Volvo kabarnya berencana memasang sebuah kamera di seluruh line up mereka untuk mencegah pengemudi kendaraan yang mengemudi dalam kondisi mabuk.

Volvo akan menggunakan kamera-kamera ini beserta sensor-sensor lainnya yang berfungsi untuk memantau pengemudi jika memiliki perilaku menyetir yang berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan serius.

Diharapkan teknologi ini juga dapat mengetahui pengemudi yang sudah menyetir terlalu lama atau dalam kondisi mengantuk, serta pengemudi yang menyetir secara ekstrim ataupun terlalu pelan. Jika pengemudi tidak menanggapi sinyal peringatan dari mobil, nantinya mobil dapat melakukan intervensi, seperti membatasi kecepatan, menginformasikan kepada Volvo on Call Help Service hingga memperlambat kendaraan dan memarkirkannya dengan aman.

Volvo mengatakan bahwa sistem pengawasan ini merupakan bagian penting dari keselamatan berkendara yang dapat secara aktif membuat keputusan untuk membantu menghindari pengemudi dari potensi kecelakaan fatal.

"Ketika berbicara keselamatan, tujuan kami tentu untuk mencegah terjadinya kecelakaan tersebut daripada membatasi dampak ketika kecelakaan sudah mendekat dan tidak dapat dihindari," ujar wakil presiden penelitian dan pengembangan Henrik Green.

"Dalam hal ini, kamera akan memantau perilaku yang dapat menyebabkan cedera serius atau kematian," sambung Green.

Pihak Volvo mengatakan, fitur dan kamera ini akan mereka perkenalkan pada platform SPA2 generasi berikutnya yang diproduksi pada 2020 mendatang.

Volvo menyadari bahwa fitur teknologi ini memungkinkan pengemudi kehilangan privasi mereka ketika berkendara dan diawasi, sehingga saat ini pihak perusahaan masih terus mengkaji terkait peraturan, hak dan kewajiban bagi pengemudi untuk menggunakan teknologi tersebut.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR