HOME » BERITA » TEKNOLOGI IOT PADA MOBIL MODERN, BISA UNTUK APA SAJA?

Teknologi IoT Pada Mobil Modern, Bisa untuk Apa Saja?

Teknologi berbasis Internet of Things atau IoT pun tidak luput dari perhatian produsen otomotif. Teknologi ini memudahkan pemilik mobil, beberapa produsen mobil ikut memanfaatkan IoT.

Minggu, 08 Agustus 2021 13:15 Editor : Nazarudin Ray
Teknologi IoT Pada Mobil Modern, Bisa untuk Apa Saja?
Ilustrasi mengecek kendaraan cukup lewat ponsel (MG Indonesia)

OTOSIA.COM - Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, banyak orang tidak terlepas dari penggunaan internet untuk menunjang keseharian mereka. Dalam perkembangannya, muncul istilah Internet of Things (IoT) yang mengacu pada berbagai perangkat fisik yang terhubung ke internet

Perkembangan teknologi berbasis IoT pun tidak luput dari perhatian produsen otomotif. Beberapa produsen mobil belakangan ikut memanfaatkan teknologi ini. Sebut saja Morris Garage atau MG.

Teknologi ini sudah diterapkan pada MG Marvel R Electric, SUV elektrik yang sudah dibekali MG Pilot ADAS dan sistem konektivitas MG i-SMART baru dengan layar sentuh berukuran 19,4 inci.

1 dari 3 Halaman

Yang teranyar, MG Cyberster, memanfaatkan teknologi IoT dan sukses menghadirkan konektivitas 5G di dalam kabinnya sehingga para pengendara dapat menikmati tidak hanya gaming, tetapi kegiatan dan konektivitas berbasis internet lainnya dengan lebih lancar.

Di Indonesia teknologi berkendara otonom, MG HS i-SMART. MG HS i-SMART adalah salah satu contoh bagaimana rutinitas berkendara setiap hari dapat menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan pemanfaatan teknologi IoT yang memungkinkan para pemilik MG HS i-SMART selalu terhubung dengan kendaraannya tanpa adanya hambatan jarak dan waktu.

"Melihat pesatnya perkembangan teknologi di dunia dan tingginya mobilitas saat ini, kami memahami bahwa sebagian besar pecinta otomotif membutuhkan sebuah mobil pintar yang terkoneksi dengan internet untuk menunjang aktivitas berkendara dan gaya hidup mereka," kata Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin.

 

2 dari 3 Halaman

Melalui teknologi IoT, bepergian dengan meninggalkan mobil di rumah untuk waktu yang cukup lama bukan lagi menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan karena para pengguna tetap dapat memeriksa dan memelihara kondisi kendaraan mereka, sehingga kondisinya tetap aman di rumah.

Melalui fungsi Smart Check, para pengguna dapat mengandalkan aplikasi MG i-SMART untuk mengecek fitur-fitur esensial pada mobil, hingga menyalakan atau mematikan mesin dan AC mobil dari jarak jauh.

Sementara untuk memastikan mobil aman di rumah, pengguna dapat mengaktifkan fitur Geo Fence untuk membatasi jarak pergerakan mobil dan memberikan peringatan melalui aplikasi apabila mobil telah melewati batas radius yang sudah ditentukan. Seluruhnya menjadi mungkin berkat teknologi berbasis IoT yang telah dikembangkan oleh MG.

3 dari 3 Halaman

Fungsi lain pada MG HS i-SMART yang memanfaatkan teknologi berbasis IoT adalah Smart Connect. Pengguna bisa mengakses lagu secara online langsung dari layar infotainment system di dalam mobil.

Selain itu, Smart Connect juga mengizinkan penggunanya mencari lokasi-lokasi penting yang ingin dituju seperti pusat perbelanjaan atau rumah sakit, serta melihat keadaan jalanan dan mengetahui informasi cuaca secara real time, sehingga mereka tidak harus melakukannya melalui ponsel pintar mereka saat sedang berkendara.

Salah satu kecanggihan dari pentingnya integrasi teknologi IoT ini memungkinkan para pengguna MG HS i-SMART untuk terus memperbarui firmware mereka menggunakan koneksi internet via Firmware Over the Air (FOTA).

BERI KOMENTAR