HOME » BERITA » TEKNOLOGI SELF-PARKING PORSCHE, MOBIL BISA PARKIR OTOMATIS DI GARASI SEMPIT

Teknologi Self-Parking Porsche, Mobil Bisa Parkir Otomatis di Garasi Sempit

Mungkin di masa depan, para pengemudi tak perlu lagi pusing soal tak bisa parkir paralel. Sebab beberapa pabrikan mobil Eropa sudah membuat mobil mereka bisa parkir otomatis.

Selasa, 28 Agustus 2018 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Paultan

OTOSIA.COM - Sulitnya menemukan tempat parkir dan mobil yang berukuran cukup besar adalah paduan yang kurang baik. Apalagi jika harus parkir paralel di tempat yang sempit.

Tapi, beberapa mobil sudah dilengkapi dengan fitur parkir otomatis, seperti Porsche. Melansir Paultan, Porsche mengembangkan teknologi remot parkir yang memudahkan pengemudi memarkirkan mobilnya, yang disebut dengan Remote Park Assist (RPA).

RPA berbasis sistem cerdas seperti mencari spot parkir, mendeteksi dan memberikan highlight tempat parkir saat pengemudi sudah melewatinya. Teknologi self-parkirng ini juga membantu untuk parkir paralel dengan angle yang tepat, baik maju maupun mundur.

Pengemudi hanya harus memencet dan menahan tombol OK pada aplikasi smartphone-nya sampai mobil terparkir dengan benar secara otomatis. Porsche mengklaim bahwa mobil bahkan bisa parkir di garasi yang sempit menggunakan RPA.

Foto by Paultan

Tentu saja, pengemudi tak perlu berada di dalam mobil untuk mengoperasikannya. Sederhana saja, pengemudi bisa berdiri di luar dan menggunakan aplikasi dan memastikan mobilnya terparkir dengan baik.

Meskipun terdengar sistem ini belum sempurna, Porsche menyebutkan bahwa sistem ini rumit, menggunakan 4 prosesor berteknologi tinggi di unit Central Driver Assistance Control (CDAC) untuk mengkoordinasikan 20 unit kontrol tambahan. Hal ini mengevaluasi data dari 12 sensor ultrasonik secara real time.

Di sisi lain, RPA dengan Surround View menggunakan 4 kamera untuk mendapatkan visibilitas dengan sudut 360 derajat yang membantu parkir dan menuver. Jika terdeteksi pedestrian, trotoar tinggi, atau tonggak di dekat kendaraan, sistem akan menyela parkir atau secara otomatis membuat penyesuaian untuk menghindari kerusakan pada kendaraan. Pengemudi juga bisa menjeda fitur parkir otomatis ini kapan saja.

Sebelumnya, teknologi self-parking ini juga sudah dipakai oleh BMW G11/G12 7 Series pada 2015, Mercedes-benz dengan Remote Parking Pilot untuk W213 E-Class, dan new Audi A8, serta saat ii giliran Porsche dengan RPA yang diterapkan untuk Cayenne.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR