HOME » BERITA » TEMBUS 500 KM/JAM, BUGATTI INGIN JADI YANG TERCEPAT DI DUNIA

Tembus 500 km/jam, Bugatti Ingin Jadi yang Tercepat di Dunia

Bugatti berencana memaksimalkan top speed Bugatti Chiron sampai 500 km/jam.

Senin, 12 Agustus 2019 20:45 Editor : Cornelius Candra
Tembus 500 km/jam, Bugatti Ingin Jadi yang Tercepat di Dunia
Bugatti Chiron (Bugatti)

OTOSIA.COM - Gelar mobil tercepat di dunia berdasarkan pengujian saat ini dipegang oleh Koenigsegg Agera RS. Hypercar ini terbukti memiliki kecepatan maksimum 447,4 km/jam.

Meski demikian, pabrikan asal Swedia ini ingin memecahkan rekornya sendiri. Pada Geneva Motor Show 2019 lalu, mereka memamerkan Koenigsegg Jesko yang diklaim mampu melaju dengan kecepatan 482 km/jam.

Tampaknya, sekalipun berhasil, rekor tersebut tak akan bertahan lama dipegang Koenigsegg Jesko. Pasalnya, Bugatti Chiron tengah dikembangkan agar kecepatan maksimalnya mencapai 500 km/jam.

1 dari 2 Halaman

Misi Balas Dendam

Tembus 500 km/jam, Bugatti Ingin Jadi yang Tercepat di DuniaMisi Balas Dendam

Gelar mobil massal tercepat di dunia pernah dimiliki oleh Bugatti Veyron Super Sport sebelum direbut Koenigsegg Agera RS yang lebih kencang 16 km/jam. Jadi bisa dibilang ini adalah misi balas dendam.

Mengutip dari Motoring.com.au, keinginan untuk membuat Bugatti Chiron memiliki top speed 500 km/jam ini diungkapkan langsung oleh Presiden Bugatti, Stephan Winkelmann pada Automobile Magazine.

"Ini adalah hal yang mungkin. Tapi tetap ada beberapa faktor yang diperhatikan", jelas Winkelmann.

2 dari 2 Halaman

Tanpa Sokongan Hybrid

Tembus 500 km/jam, Bugatti Ingin Jadi yang Tercepat di DuniaTanpa Sokongan Hybrid

Pertama, tentu adalah teknis. Winkelmann menyebut perlu pemasok ban dengan spesifikasi khusus. Hal itu tak terlepas dari tekanan yang diterima saat melaju dengan kecepatan 500 km/jam.

Yang kedua ialah investasi. Untuk melahirkan Bugatti Chiron 500 km/jam, mereka membutuhkan dana yang tak sedikit dan pengembalian investasi (return of investment).

Jika keduanya sudah teratasi, Buggati akan mengembangkan mesin 16-silinder W16 8.000 cc quad-turbo milik Chiron. Menariknya, mereka ingin mencetak rekor ini tanpa sokongan motor listrik.

BERI KOMENTAR