HOME » BERITA » 20 TEMPAT WISATA DI SEPANJANG JALUR PANSELA YANG BISA DISINGGAHI SAAT MUDIK LEBARAN

20 Tempat Wisata di Sepanjang Jalur Pansela yang Bisa Disinggahi saat Mudik Lebaran

Tentunya cukup banyak tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela. Banyak wisata alam atau buatan yang bisa dikunjungi para pemudik.

Sabtu, 11 Mei 2019 12:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi wisata air terjun (tripsavvy.com)

OTOSIA.COM - Mudik Lebaran 2019 sudah menjadi salah satu rutinitas menjelang Idul Fitri 2019. Oleh karena itu, ribuan kendaraan akan berjubel di setiap ruas jalan. Sering juga hal ini membuat kemacetan yang cukup panjang, bahkan sampai belasan kilometer.

Saat ini sudah banyak jalur mudik yang bisa dimanfaatkan para pemudik. Jalur mudik tersebut di antaranya adalah Pantura, Pansela, dan via jalur tengah. Namun tidak hanya itu, masih ada ruas tol yang bisa Otolovers manfaatkan nantinya ketika mudik 2019. Apalagi pulau Jawa sendiri sudah tersambung karena adanya tol Trans Jawa.

Dengan adanya tol Trans Jawa ini diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantura, Tengah, dan Pansela. Pastinya ketika macet dan kondisi tubuh sudah lelah, harus segera istirahat ya Otolovers. Bisa mampir ke warung makan atau rest area yang tersedia. Tidak hanya itu, Otolovers juga bisa mampir ke tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela.

Tentunya cukup banyak juga tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela. Dengan rute dari Banten-Sukabumi-Yogyakarta-Gunung Kidul-Pacitan-Ponorogo-Tulungagung hingga Banyuwangi pastinya menyimpan tempat wisata yang beragam.

Banyak wisata alam atau buatan yang bisa dikunjungi para pemudik, bahkan beberapa tempat wisata sudah cukup terkenal di wisata Indonesia. Beberapa kota bahkan sudah menjadi salah satu kota wisata di Tanah Air.

Nah, berikut tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela yang bisa Otolovers kunjungi saat mudik Idul Fitri 2019.

1. Taman Bunga Nusantara

Wisata Bogor, Taman Bunga Nusantara memberikan tempat destinasi wisata yang menarik. Apalagi wisata di Bogor ini cukup baik untuk dijadikan spot foto. Tempat wisata Bogor ini juga menyediakan permainan yang cukup menarik pula, di antaranya adalah taman labirin, go kart, serta ATV race.

Tidak hanya itu, tempat wisata di Bogor satu ini juga memiliki air mancur musikal yang sangat bagus. Spot foto menarik tentunya Otolovers! Perlu diketahui juga, wisata di Bogor yang cukup terkenal ini berada di lahan seluas 23 hektar yang dipenuhi dengan bunga-bunga cantik yang ditata rapi.

2. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Tempat wisata di Bogor selanjutnya yang bisa Otolovers kunjungi saat mudik lewat jalur Pansela adalah pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng. Setelah lelah menempuh perjalanan mudik, tidak ada salahnya jika Otolovers berkunjung ke wisata Bogor ini.

Dengan mandi air panas, tentunya penat di jalanan bisa hilang. Apalagi wisata di bogor ini memiliki tempat yang sangat nyaman dibuat santai. Sangat pas untuk mengumpulkan tenaga kembali untuk melanjutkan perjalanan.

Tempat wisata Bogor satu ini menawarkan berendam air panas di infinity pool alami. Tidak hanya itu, juga ada kolam rendam privat serta berbagai jenis terapi. Untuk anak-anak sendiri tersedia wahana outbond, permainan becak mini dan perahu. Menariknya lagi, tempat wisata Bogor satu ini hanya memerlukan tiket masuk sekitar Rp8.000 untuk anak-anak. Sedangkan orang dewasa sekitar Rp12.000.

3. Curug Sawer

Tempat wisata di Jawa Barat yang patut Otolovers kunjungi saat mudik lebaran melalui jalur Pansela adalah Curug Sawer. Tempat wisata di Sukabumi ini cukup terkenal. Dengan panorama air terjun yang khas serta gemericik air akan bisa membuat lelah saat mudik hilang.

Apalagi akses ke tempat wisata di Sukabumi ini juga cukup mudah meski berada di tengah hutan. Tempat wisata di sepanjang jaluk mudik Pansela ini juga cukup murah, Otolovers dikenakan biaya masuk sekitar Rp2.500.

Masih dalam lokasi Curug Sawer ada jembatan gantung Situ Gunung yang cukup fenomenal di Jawa Barat. Dengan panjang 240 meter, tempat wisata di Sukabumi ini diklaim merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia.

4. Pantai Amada Ratu

Tempat wisata di Sukabumi tidak hanya menawarkan curug saja, tetapi juga pantai. Destinasi tempat wisata di Jawa Barat yang cukup di andalkan ini memiliki pemandangan yang mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela ini juga menawarkan fasilitas yang lengkap, seperti penginapan. Sehingga jika Otolovers sangat lelalh saat mudik, mampir ke sini serta menginap patut dicoba. Sedangkan untuk tiket masuk ke pantai Amanda Ratu sekitar Rp5.000.

5. Pantai Jayanti Cianjur

Tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela yang bisa dikunjungi saat mudi Lebaran 2019 berikutnya adalah Pantai Jayanti Cianjur. Terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, nantinya Otolovers akan disuguhkan dengan pemandangan eksotis dari sebuah pantai.

Tidak hanya itu, tempat wisata di Cianjur ini juga memiliki ombak yang cukup besar. Deburan ombak akan membuat mengobati lelah Otolovers saat mudik. Apalagi tempat wisata Cianjur ini juga ada pelabuhan nelayan dan pasar ikan. Sehingga bisa dibawa ke kampung halaman sebagai oleh-oleh. Berkunjung ke pantai Jayanti Otolovers juga bisa wisata kuliner.

6. Little Venice Kota Bunga

Tempat wisata Jawa Barat yang bisa Otolovers kunjungi di sepanjang jalur Pansela salah satunya adalah Little Venice Kota Bunga. Tempat wisata Cianjur ini memang cukup diandalkan. Dikarenakan tempat wisata di Cianjur satu ini memberikan nuansa Eropa.

Tempat wisata Cianjur yang dijuluki sebagai Venesia KW ini menyuguhkan pemandangan bangunan dengan arsitektur Eropa. Tidak hanya itu, pengunjung bisa menikmatinya dengan berkeliling menaiki gondola.

Bisa dibilang juga, tempat wisata di Cianjur yang terkenal sebagai Venesia KW ini sebagai destinasi wisata murah. Lantaran tiket masuknya cukup membayar sekitar Rp20.000.

7. Kawah Putih Bandung

Tempat wisata di Bandung yang bisa Otolovers kunjungi saat perjalanan mudik adalah kawah putih. Hamparan kawah dengan air berwarna putih kehijaun akan menjadi panorama utama di tempat wisata Bandung ini.

Tentunya tempat wisata Bandung ini bisa menjadi destinasi untuk mencari spot foto bagus. Pemandangan alam yang disuguhkan juga akan memanjakan mata para pemudik yang singgah di tempat wisata di Bandung ini.

8. Farm House

Tempat wisata di Jawa Barat lainnya yang bisa Otolovers singgahi saat mudik adalah Farm House. Wisata Lembang ini terletak di Jl. Raya Lembang No. 108, Desa Gudangkahuripan, Sub-Distrik Lembang, Distrik Bandung Barat, Jawa Barat.

Perlu Otolovers ketahui juga, wisata Lembang yang terkenal lewat sosial media ini memiliki spot-spot foto yang menarik. Dengan nuansa peternakan eropa serta pengunjung bisa menyewa kostum membuat wisata Lembang ini mudah terkenal dan merupakan destinasi wisata yang unik. Yang paling terkenal dari Wisata Lembang Farm House adalah rumah Hobbit dan merupakan spot foto terfavorit.

9. Taman Lembah Dewata

Wisata Lembang yang cukup diandalkan dari tempat wisata di Jawa Barat ini terletak di kecamatan Cibogo, Lembang, Jawa Barat. Tempat ini dijamin akan menghilangkan rasa lelah setelah mudik, dikarenakan pemandangan taman yang asri serta dikelilingi pegunungan akan membuat tubuh dan fikiran menjadi rileks.

Dengan udara sejuk yang nagih, wisata Lembang satu ini juga menyediakan penginapan berupa vila dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Mudik mampir dulu ke sini, lalu menginap di vila semalam, kemudian besoknya melanjutkan perjalanan.

10. Kemit Forest

Otolovers mudik lewat jalur Pansela bisa juga berkunjung ke tempat wisata Cilacap satu ini, Kemit Forest. Menghabiskan waktu beberapa saat dengan keluarga sangat pas di tempat ini. Apalagi banyak aktivitas yang bisa dilakukan di wisata Cilacap Kemit Forest.

Cukup banyak wahana bermain yang tersedia. Selain itu keindahan alam yang disuguhkan juga akan membuat lelah Otolovers sekeluarga akan hilang.

11. Pantai Sodong

Tempat wisata Cilacap yang patut dicoba juga dalam perjalanan mudik adalah pantai Sodong. Jangan lupa untuk piknik sekalian Otolovers! Sembari menikmati deburan ombak serta pemandangan pantai yang asri di wisata Cilacap ini memang sangat pas jika dengan makan serta mengobrol mesra dengan keluarga.

Bagaimana, tertarik gak Otolovers untuk ke sini? Dengan pantai yang berbatu yang dikelilingi pepohonan cemara, serta panorama gunung Selok bisa jadi ini merupakan tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela yang wajib dikunjungi.

12. Pantai di Jogja

Tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela berikutnya adalah pantai di Jogja. Destinasi wisata Jogja satu ini memang sudah cukup terkenal, tepatnya di Gunung Kidul dan Bantul. Beragam pantai wisata Jogja bisa dikunjungi para pemudik meski hanya sebatas singgah sebentar.

Banyak tempat wisata Jogja berupa pantai yang cukup indah, bahkan jumlahnya cukup banyak. Meski Otolovers nantinya hanya singgah sebentar sambil makan di tepi pantai wisata di Jogja ini sudah dapat mengusir lelah selama perjalanan mudik.

13. Kebun Teh Nglinggo

Wisata Jogja terbaru yang patut Otolovers singgahi saat mudik adalah kebun teh Nglinggo. Dengan pemandangan yang asri, serta hawa sejuk wisata di Jogja ini dijamin bikin lelah hilang. Apalagi destinasi wisata Jogja, kebun teh Nglinggo memiliki panorama 8 puncak gunung sekaligus.

Menariknya lagi tempat wisata Jogja satu ini memiliki homestay yang bisa dimanfaatkan para pemudik untuk beristirahat semalaman. Untuk masuk ke wisata di Jogja ini juga terbilang murah kok, hanya sekitar Rp3.000.

14. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur bisa menjadi tempat wisata berikutnya yang bisa Otolovers kunjungi saat perjalanan mudik dari jalur Pansela. Wisata Wonogiri yang cukup terkenal dari dulu ini memberikan pemandangan indah khas waduk. Tidak hanya itu, pemudik di wisata Wonogiri ini bisa melakukan banyak kegiatan, seperti jetski dan boat, serta fasilitas lainnya.

Wisata Wonogiri yang merupakan waduk buatan satu ini terletak di Sendang, kecamatan Wonogiri, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jangan lewatkan wisata Wonogiri satu ini jika lewat jalur Pansela Otolovers.

15. Sendang Asri Wonogiri

Wisata Wonogiri masih menyimpan destinasi yang tak kalah keren dari waduk Gajah Mungkur, yaitu Sendang Asri Wonogiri. Bahkan jaraknya sendiri tidak begitu jauh dari waduk Gajah Mungkur. Ini tentu bisa menjadi pilihan para pemudik untuk sekadar singgah ke destinasi wisata.

Wisata Sendang Asri Wonogiri memiliki wahana bermain yang cukup banyak dan lengkap, di antaranya taman satwa, kolam renang, kereta kelinci, wisata kuliner, serta masih banyak fasilitas lainnya. Wisata Wonogiri ini terletak di Jl. Raya Wonogiri, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Jawa Tengah.

16. Pantai di Pacitan

Wisata di Pacitan juga tidak boleh pemudik abaikan, karena di tempat ini banyak sekali destinasi wisata yang keren. Terutama adalah banyaknya deretan pantai di Pacitan ini, salah satunya adalah pantai Klayar dan Banyu Tibo.

Dengan suara hempasan ombak, serta pemandangan pantai tentunya sangat cocok untuk digunakan piknik. Sembari makan serta mengusir lelah dirasa sangat pas jika berkunjung ke salah satu wisata Pacitan ini.

17. Pantai di Malang Selatan

Wisata di Malang memang sangat beragam, yang cukup terkenal adalah pantai yang ada di Malang Selatan. Banyak deretan pantai yang bisa Otolovers kunjungi dan menjadi pilihan tepat tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela.

Beberapa pantai tersebut adalah Balekambang, Ngudel, Sendiri dan masih banyak lainnya. Setiap pantai memberikan pemandangan yang berbeda-beda. Untuk tiket masuknya sendiri beragam tergantung pantai yang Otolovers kunjungi wisata di Malang ini.

18. Jatim Park

Selain wisata di Malang tadi, wisata Batu juga bisa dijadikan opsi singgah saat mudik. Banyak pilihan wisata Batu yang bisa dipilih, baik alam maupun buatan. Salah satunya adalah Jatim Park 1, 2, dan 3. Banyak wahana bermain yang ada di wisata Batu ini.

Salah satu wahana yang sangat terkenal adalah Infinite World yang ada di Jatim Park 3. Di sini Otolovers akan terasa di dunia tanpa ujung. Tak hanya itu di dalam serasa dihujani cahaya-cahaya yang berasal dari lampu kerlap-kerlip. Tempat ini sangat cocok untuk mencari spot foto bagus. Bisa-bisa Otolovers akan bosen foto di tempat wisata Batu ini karena banyaknya spot foto dan gaya yang bisa diambil.

19. Wisata Coban Talun

Wisata Batu selanjutnya dan bisa menjadi tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela yang bisa dikunjungi, Coban Talun. Wisata Batu satu ini tidak hanya menawarkan air terjun, tetapi juga taman bunga serta hutan pinus yang memanjakan mata.

Tidak hanya itu, di tempat ini juga ada rumah Apache dan rumah Pagupon yang bisa disewa. Sehingga jika Otolovers capek dan ingin beristirahat bisa mampir ke wisata Batu ini saja. Apalagi udara sejuk yang ada dijamin bikin tenang fikiran dan capek badan hilang. Wisata Coban Talun berada di Dukuh Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

20. Air Terjun Coban Rondo

Tempat wisata di sepanjang jalur mudik Pansela berikutnya adalah air terjun Coban Rondo. Wisata Batu ini sudah lama terkenal dan menjadi destinasi andalan Kota Batu. Terletak di dusun Krajan, desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu. Air terjun ini setinggi 84 meter di ketinggian 1.135 mdpl.

Sebenarnya Coban Rondo termasuk ke dalam kelompok air terjun bertingkat. Coban Manten, lalu Coban Dudo, kemudian mengalir ke bawah yang disebut dengan Coban Rondo.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di sepanjang jalur Pansela yang bisa Otolovers kunjungi di sela-sela perjalanan mudik Idul Fitri 2019. Sudah rencanakan mau singgah di destinasi wisata mana nih?

Selamat mudik Lebaran 2019 dan jangan lupa untuk selalu hati-hati Otolovers.

Video Jalur Mudik Pansela

Ketika musim mudik dimulai, seluruh ruas jalan akan terasa penuh sesak dengan kendaraan. Seperti arus mudik yang terjadi di Padalarang, Bandung. Di jalur selatan ini bahkan kerap terjadi kemacetan yang sampai berkilo-kilo meter.

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR