HOME » BERITA » 15 TEMPAT WISATA SEPANJANG JALUR PANTURA YANG COCOK DIKUNJUNGI SAAT MUDIK LEBARAN

15 Tempat Wisata Sepanjang Jalur Pantura yang Cocok Dikunjungi Saat Mudik Lebaran

Salah satu jalur favorit pemudik adalah jalur Pantura. Jalur sisi utara pulau Jawa ini tentunya sudah sangat dikenal. Dan tahukah Otolovers kalau di sepanjang jalur Pantura ini menyimpan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan di antaranya sudah cukup terkenal di Tanah Air.

Jum'at, 10 Mei 2019 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi tempat wisata (iexplore.com)

OTOSIA.COM - Mudik menjadi kegiatan penting di setiap tahunnya jelang Lebaran. Tak ayal kegiatan ini menjadi sebuah budaya sejak lama yang telah dianut masyarakat Tanah Air.

Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, mudik 2019 menjadi hal wajib yang harus dilakukan bagi sebagian muslim, terutama yang merantau di luar kota kelahiran. Bisa berkumpul dengan keluarga besar atau teman waktu masih kecil menjadi cerita indah yang bisa dibagikan ketika menjalani rutinitas di kota orang.

Nah, mudik Idul Fitri 2019 ini bisa dengan melalui darat, udara atau laut. Khusus untuk pengguna jalan terutama pulau Jawa, cukup banyak jalur mudik 2019 yang bisa digunakan. Paling tidak ada 3 jalur mudik 2019 yang kerap digunakan, yaitu jalur Pantura, jalur tengah, dan jalur Pansela. Selain itu pemudik juga masih bisa memanfaatkan jalan tol yang saat ini sudah banyak berdiri, seperti tol Trans Jawa.

Salah satu jalur favorit pemudik adalah jalur Pantura. Jalur sisi utara pulau Jawa ini tentunya sudah sangat dikenal. Dan tahukah Otolovers kalau di sepanjang jalur Pantura ini menyimpan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan di antaranya sudah cukup terkenal di Tanah Air.

Jadi ketika Otolovers melakukan mudik lewat jalur Pantura, bisa kunjungi kota wisata yang dilewati. Tempat wisata yang ada dijamin bisa menghilangkan penat. Selain itu, berkunjung ke tempat wisata juga bisa menjadi quality time dengan keluarga. Namun pastikan juga untuk mengatur waktu agar sampai tujuan sesuai target ketika akan mengunjungi tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura.

Berikut wisata Indonesia yang bisa Otolovers kunjungi saat melintasi jalur mudik Pantura.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura yang bisa Otolovers kunjungi adalah Taman Impian Jaya Ancol. Wisata Jakarta ini menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang cukup diandalkan. Bahkan ketika libur tiba, tempat wisata Jakarta ini cukup ramai dikunjungi.

Tempat wisata di Jakarta ini terletak di Jalan Lodan Timur No. 7, RW 10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Berkunjung ke sini Otolovers akan bisa menikmati wahana bermain yang cukup banyak, di antaranya adalah Dunia Fantasi, Sea World, Samudera Dolphin, Ocean Ecopark, dan Atlantis Water Adventure.

2. Wisata Jakarta Aquarium

Tempat wisata di Jakarta yang bisa Otolovers kunjungi berikutnya adalah Wisata Jakarta Aquarium. Tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura yang bisa dikunjungi ini merupakan area konservasi satwa yang bekerjasama dengan taman safari dan KLCC. Para pengunjung Wisata Jakarta ini akan disuguhkan keanekaragaman satwa air dan darat yang ada di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, wisata Jakarta satu ini juga menampilkan Pearl of The South Sea. Ini merupakan atraksi satwa yang disuguhkan dengan pertunjukan teatrikal yang diangkat dari cerita rakyat. Wah ini bisa menjadi edukasi buat si kecil Otolovers. Jangan lewatkan tempat wisata Jakarta andalan ini saat melewati jalur Pantura.

3. Kampung Batik Trusmi Cirebon

Tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Kampung batik Trusmi Cirebon. Tempat wisata Jawa Barat ini wajib untuk dikunjungi, pasalnya bukan hanya memperkenalkan budaya batik ke buah hati, tetapi juga memperkenalkan bagaimana pembuatan batik. Bisa dibilang kampung ini merupakan tempat wisata edukasi buat anak Otolovers.

Tempat wisata Jawa Barat satu ini bisa diakses dengan mudah. Terletak sekitar 4 km dari jantung kota Cirebon. Kampung ini juga kurang lebih memiliki 1.000 pengrajin yang tergabung di pusat kesenian batik. Nah, jangan lewatkan tempat wisata Jawa Barat ini. Otolovers juga bisa beli baju baru di sini untuk keperluan Idul Fitri 2019.

4. Keraton-Keraton di Cirebon

Cirebon juga memiliki tempat wisata edukasi lainnya selain Kampung Batik Trusmi, yaitu Keraton Kasapuhan hingga Kaanoman. Tempat wisata Jawa Barat ini merupakan pusat edukasi sejarah yang cocok untuk si buah hati.

Apalagi tempatnya sendiri sangat cocok untuk digunakan beristirahat untuk sekadar melepas lelah selama mudik. Untuk perjalanannya sendiri kurang lebih 4 jam dari Jakarta.

5. Telaga Herang

Otolovers juga bisa mengunjungi tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura, yaitu Telaga Herang. Tempat wisata di Majalengka ini cukup terkenal, bahkan warga sekitar wilayah Cirebon, Indramayu, dan Kuningan sudah tidak asing lagi dengan danau ini.

Telaga Herang sendiri merupakan danau jernih yang dihuni oleh beragam ikan. Saking jernihnya pengunjung bisa melihat ikan yang ada hanya dengan mata telanjang saja. Tempat wisata Majalengka andalan ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan khas sebuah danau. Namun Otolovers juga bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu bebek.

Perlu diketahui juga, Majalengka wisata ini meski memiliki beragam ikan yang menghuni danau, pengunjung tidak boleh menangkapnya. Jika hal ini dilanggar pihak tempat wisata Majalengka ini akan memberikan denda yang nominalnya lumayan besar.

6. Curug Cipeuteuy

Tempat wisata di Majalengka masih menyimpan destinasi yang menari untuk dikunjungi saat perjalanan mudik lewat jalur Pantura. Tempat wisata Majalengka tersebut adalah Curug Cipeuteuy. Tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura ini bahkan sudah terkenal di jagat dunia maya.

Keindahan pemandangan curug dengan udara sejuk menjadi daya tarik tempat wisata di Majalengka ini. Tidak hanya itu di tempat wisata Majalengka ini juga dibudidaya bunga anggrek yang bertempat di hutan lindung. Pastinya menjadi spot foto menarik untuk dibagikan di sosial media Otolovers.

Tempat wisata Majalengka satu ini masih menyimpan hal menarik lainnya, yaitu rumah bagi Elang Jawa. Oleh karena itu pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan area wisata mengingat Curug Cipeuteuy merupakan kawasan konservasi.

7. Kebun Binatang Mangkang Semarang

Destinasi berikutnya yang bisa Otolovers kunjungi saat perjalanan mudik lewat jalur Pantura adalah kebun binatang Mangkang Semarang. Tempat wisata di Semarang ini menyimpan hiburan yang menarik untuk dicoba. Bukan hanya mempertontonkan satwa, tetapi Otolovers juga bisa merasakan naik gajah dan kuda.

Tempat wisata di Semarang ini berada di Jl. Walisongo KM 16, tepatnya di seberang terminal Mangkang dengan luas sekitar 9 hektare.

8. Grand Maerakaca Semarang

Tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura yang bisa Otolovers kunjungi selanjutnya adalah Grand Maerakaca Semarang. Ini merupakan tempat wisata di Semarang yang cukup diandalkan. Destinasi yang ada adalah hutan bakau dengan spot foto yang menarik.

Selain hutan bakau yang bisa dijadikan spot foto, masih ada beberapa spot foto lainnya di tempat wisata di Semarang ini. Di antaranya adalah dermaga cinta, jembatan harapan, serta tembok harapan yang dipenuhi oleh kertas-kertas berisi harapan banyak orang.

9. Waduk Kedung Ombo

Wisata Kedung Ombo ini juga bisa Otolovers kunjungi ketika dalam perjalanan mudik. Sekadar melepas penat dan lelah selama beberapa jam di jalanan. Tidak hanya itu wisata Kedung Ombo satu ini bisa juga menjadi tempat piknik serta mencari spot foto yang menarik.

Perlu diketahui juga Waduk Kedung Ombo berada di perbatasan tiga kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali. Lebih tepatnya wisata Kedung Ombo ini ada di Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

10. Taman Nasional Karimunjawa

Siapa yang tak tahu dengan Taman Nasional Karimunjawa? Tempat wisata di Jepara ini sangatlah terkenal. Bukan hanya menyuguhkan keindahan alam saja, tetapi juga beragam biota laut yang bisa Otolovers saksikan dengan cara snorkeling.

Tempat wisata di Jepara, Karimunjawa terdiri dari 20 pulau kecil yang indah dipandang mata. Tempat wisata sepajang jalur mudik Pantura ini merupakan destinasi paket lengkap. Pasalnya bisa tracking ke hutan mangrove, berkunjung ke pantai, wisata kuliner, hingga wisata religi.

11. Pulau Panjang

Tidak hanya Taman Nasional Karimunjawa saja, tempat wisata di Jepara juga ada Pulau Panjang. Pulau seluas 19 hektare ini dikelilingi perairan dangkal yang jernih serta dipenuhi terumbu karang. Sudah terbayangkan indahnya?

Di pulau Panjang Otolovers bisa merasakan snorkeling juga. Menyaksikan biota laut secara langsung tentu menjadi idaman setiap orang. Tidak hanya itu, tempat wisata di Jepara ini juga menyediakan sepeda yang bisa disewa untuk berkeliling pulau.

12. Sawahe Pak Budi

Tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura tepatnya di Pasuruan juga menyimpan destinasi wisata yang menarik. Wisata di Pasuruan yang bisa dikunjungi adalah Sawahe Pak Budi. Ini merupakan tempat wisata edukasi yang cukup terkenal, bahkan sempat hits di media sosial.

Tentunya wisata di Pasuruan ini bertema kembali ke alam. Sehingga pengunjung akan menemukan cara pengolahan bahan pangan sampai layak konsumsi sebagaimana dengan namanya "Sawahe Pak Budi".

Ditunjang juga dengan tempat peternakan organik, pertanian organik, kids house, dan edukasi kopi luwak. Tempat wisata di Pasuruan ini juga menyediakan mini market, kolam pancing, gazebo, restoran, cottage, amphiteatre, serta beragam kuliner.

13. Danau Ranu Grati

Tempat wisata di Pasuruan yang layak dikunjungi berikutnya adalah Danau Ranu Grati. Para pemudik akan disuguhkan pemandangan indah dengan latar belakang pegunungan Tengger. Dijamin rasa lelah selama mudik akan hilang! Apalagi jika melihat sunset dari tempat ini.

Kegiatan yang bisa dilakukan lainnya adalah naik perahu, sepeda air, hingga memancing. Tempat wisata di Pasuruan satu ini terletak di Desa Sumberdewasari, Desa Ranuklindungan, Desa Gratitunon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasurua, Jawa Timur.

14. Maharani Zoo & Goa

Tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura ini cukup terkenal di Jawa Timur. Otolovers bisa melihat aksi satwa penghuni kebun binatang. Tidak sebatas itu, di tempat ini juga ada Goa Maharani.

Tak jauh dari kedua destinasi tadi juga ada Wisata Bahari Lamongan yang cukup terkenal juga. Biasanya pengunjung akan ditawari untuk membeli tiket terusan dari ketiga destinasi wisata di Lamongan ini.

15. Air Terjun Nglirip Tuban

Berikutnya destinasi tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura adalah air terjun Nglirip Tuban. Untuk menuju ke tempat wisata ini juga terbilang mudah karena berada di jalur alternatif. Terletak di desa Mulyo Agung, kecamatan Singgahan.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan serta suara gemricik air dari air terjun yang menenangkan. Air terjun ini setinggi 25 meter yang mata airnya bersumber dari Hutan Kerawak.

Nah Otolovers, sudah tahukan tempat wisata sepanjang jalur mudik Pantura yang bisa dikunjungi? Untuk sekadar melepas lelas selama mudik tidak ada salahnya jika berkunjung ke salah satu tempat wisata tadi.

Selamat mudik dan jangan lupa hati-hati di jalan ya Otolovers?

Video Jalur Pantura

Pantura menjadi salah satu jalur mudik yang kerap dipilih para pemudik. Namun jika Otolovers lewat jalur mudik Pantura pastikan ketahui dulu jalur yang sering terjadi macet, seperti di wilayah Cirebon ini.

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR