HOME » BERITA » TERBONGKAR, PENGHASILAN KOTOR TOYOTA SETIAP DETIK HAMPIR DUA KALI LIPAT DARI HONDA

Terbongkar, Penghasilan Kotor Toyota Setiap Detik Hampir Dua Kali Lipat dari Honda

Dengan semakin banyaknya pemilik mobil di dunia, itu memungkinkan para pabrikan mobil mendulang keuntungan besar. Bahkan setiap detik, Toyota bisa mendapatkan ratusan juta rupiah.

Minggu, 23 Agustus 2020 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Terbongkar, Penghasilan Kotor Toyota Setiap Detik Hampir Dua Kali Lipat dari Honda
Pabrik Toyota (Toyota Global)

OTOSIA.COM - Industri otomotif di tahun 2020 memang terbilang mengenaskan. Apalagi kalau bukan pandemi virus Corona (COVID-19). Meskipun ada beberapa merek mobil yang masih mendapatkan penjualan dengan angka bagus, tapi bisa dibilang tak sebagus tahun sebelumnya.

Dikutip dari Motor1, pada 2019, total mobil baru yang terjual sebanyak 17 juta unit. Jumlah itu hanya untuk pasar Amerika Serikat. Terbayang berapa banyak mobil baru yang terjual di seluruh dunia?

Saat itu, penjualan didominasi oleh mobil crossover dan SUV. Karena permintaan tinggi, maka harga dua jenis mobil itu juga mahal. Ini artinya, banyak pabrikan mobil yang mendapatkan keuntungan berlipat saat itu.

1 dari 3 Halaman

VW Group jadi Pemimpin

Studi terbaru yang dilakukan oleh VisualCapitalist.com, menunjukkan bahwa beberapa produsen mobil menghasilkan uang dengan jumlah fantastis setiap detiknya pada tahun 2019. Penelitian itu dilakukan kepada 19 produsen mobil dengan melihat gross revenue atau penghasilan kotor mereka.

Kesembilan belas produsen mobil itu memroduksi 92 juta unit mobil baru di seluruh dunia. Ada dua pabrikan mobil yang memimpin dalam hal ini, VW Group dan Toyota.

Pabrikan Eropa dan Jepang itu juga memimpin jumlah penghasilan setiap detik dari semua pabrikan mobil. Setiap detik, VW Group bisa menghasilkan USD 9.202,88 atau Rp 135,8 juta (Kurs 14.764).

2 dari 3 Halaman

Toyota Hasilkan Ratusan Juta Rupiah Per Detik

Sedangkan Toyota bisa menghasilkan USD 8.946,58 atau Rp 132 jutaan setiap detik pada 2019. Lalu nomor 3 ada Ford yang menghasilkan USD 4.946,58 atau Rp 73 jutaan per detik.

Ketika melihat VW Group berada di posisi atas, hal itu tidak terlalu mengagetkan. Pasalnya VW Group membawahi sederet mobil terkenal di segmen atas alias mobil mewah. Sebut saja, Lamborghini, VW, Audi, Porsche, Bentle, Bugatti, dan lainnya.

Toyota lah yang dianggap mengesankan. Line-up Toyota hanya disokong oleh mobil-mobil Toyota dan merek mewah mereka yakni Lexus. Tapi angka pendapatan Tooyta pada 2019 hampir menyusul VW Group.

Bahkan gross revenue Toyota setiap detik dua kali lipat dari rivalnya, Honda yang menghasilkan USD 4.537,67 atau Rp 66,9 jutaan setiap detik.

3 dari 3 Halaman

Tesla Paling Bontot

Sedangkan pada urutan bawah ada Tesla dan Subaru yang mana masing-masing menghasilkan kurang dari USD 1.000 per detik. Yakni USD 780,06  (Rp 11 juta) untuk Tesla dan USD 904,05 (Rp 13 juta) per detik untuk Subaru.

Dua pabrikan di atas Subaru yakni Mazda dan Suzuki yang masing-masing memperoleh USD 1.017,88 (Rp 15 juta) dan USD 1.104,86 (Rp 16 juta) setiap detik.

BERI KOMENTAR