HOME » BERITA » TERBUKA UNTUK MOTOR KECIL, INILAH AGENDA SUMATERA BIKE WEEK 2018

Terbuka untuk Motor Kecil, Inilah Agenda Sumatera Bike Week 2018

Senin, 12 November 2018 11:45 Editor : Ahmad Muzaki
Sumatera Bike Week (Istimewa)

OTOSIA.COM - Sumatera Bike Week (SMB) akan dihelat di kota Medan pada tanggal 29 November – 2 Desember 2018. Sebelumnya SMB pernah diselenggarakan di kota yang sama pada tahun 2012 dan di Pekanbaru tahun 2014, serta Palembang tahun 2016.

Nama ‘Sumatera’ sengaja diambil agar yang berarti mewakili semua cabang Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) yang ada di tanah Sumatera, seperti HDCI Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Palembang, Lampung, dan Nangroe Aceh Darussalam.

Meski diinisiasi oleh komunitas Harley Davidson, SMB terbuka untuk semua jenis motor dan merek, tanpa membeda-bedakan.

“Semua komunitas motor dari merek dan tipe apa pun silakan datang ke Medan. Tidak pandang merek, tipe atau cc besar, motor cc kecil,” ajak Musa Rajekshah selaku Ketua HDCI Sumut, yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumut periode 2018 – 2023.

Selain sebagai media silaturahmi antar bikers, SMD tetap membawa agenda aman berkendara, kegiatan mempromosikan keindahan dan kuliner setiap daerah yang disinggahi.

“Saya berharap tentunya rombongan juga mempromosikan keindahan alam, jajanan dan makanan khas di setiap daerah yang disinggahi,” imbuh Ketua HDCI Pusat, Komisari Jendral Polisi (Purn) Nanan Soekarna Ketua HDCI Pusat.

Kumpul-kumpul yang didominasi penunggang motor besar ini juga bakal menyelenggarakan kegiatan sosial, diantaranya seperti sunatan massal untuk 150 anak yatim, donor darah, penghijauan, mendukung konservasi gajah di Aek Nauli, melepaskan ribuan bibit ikan di Danau Toba, pemberian santunan anak yatim, dan donasi alat olah raga , komputer ke sekolah di desa yang dilalui.

Tahun ini SMB mengusung tema ‘ The Land of Multi Ethnics & Culinary – Ultimate Bikers Destination’, yakni bertujuan mengembangkan kultur budaya dan tradisi keberagaman etnik, serta kuliner. “Nantinya, Medan, Sumatera Utara diharapkan menjadi destinasi wajib buat dikunjungi bikers,” jelas Musa.

Aktivitas lain SMB adalah kegiatan adventure bertajuk Xtrim Sumatera Expedition VIII 2018 atau biasa disebut Xtrim 8. Diselenggarakan dalam rangka hari jadi Xtrim Indonesia ke-15, peserta dibatasi 1.000 orang .

XTrim 8 dipastikan juga diikuti para penggiat adventure bermotor dari luar negeri. Peserta luar negeri yang dipastikan ambil bagian berasal dari Finlandia, Spanyol, Australia, Swiss, Uruguay, Singapura, Thailand dan Malaysia.

“Karena melibatkan banyak komunitas motor dari dalam dan luar negeri, Sumatera Bike Week 2018 bersama Xtrim Indonesia menambah label kegiatan ini menjadi Indonesia International Bikers Gathering – Beyond Riding,” beber Musa Idhishah atau Doddy, Ketua Umum Xtrim Indonesia.

Mengambil start dari Lapangan Benteng, Medan pada 1 Desember 2018, peserta langsung diajak melibas aneka trek menuju Simargarunjung. Panitia sudah mempersiapkan rute sepanjang 170-an km dengan berbagai karakter lintasan.

Reporter : Nazarudin Ray

 (kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR