HOME » BERITA » TERCIDUK, KIA DAFTARKAN SELTOS DIESEL DAN MPV CARNIVAL

Terciduk, KIA Daftarkan Seltos Diesel dan MPV Carnival

Ada dua mobil KIA yang belum dijual secara publik. Kedua mobil itu tercatat pada NJKB bulan September 2021. Begini rinciannya.

Selasa, 28 September 2021 17:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Terciduk, KIA Daftarkan Seltos Diesel dan MPV Carnival
KIA Carnival (KIA

OTOSIA.COM - Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia merilis daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) terbaru per September 2021. Di dalamnya, tercatat kumpulan NJKB mulai dari mobil hingga truk bertonase besar.

Pada kategori daftar Mobil Penumpang Minibus, nampak dua model KIA yang saat ini tidak ditemukan pada situs resmi kia.comdan belum pernah dijual di Indonesia. Ke-2 mobil itu terlihat pada nomor 151 sebagai KIA Seltos 1.5 Diesel, sementara di nomor 153 terdaftar KIA Carnival 2.2 AT.

1 dari 8 Halaman

KIA Seltos bermesin diesel

Ilustrasi KIA Seltos (KIA)

KIA Seltos dengan mesin diesel sebenarnya sudah tredaftar di Samsat DKI Jakarta sejak bulan Februari 2020. Namun hingga saat ini mobil tersebut belum dijual secara resmi oleh KIA.

Salah satu alas an,  mesin diesel Seltos ini membutuhkan bahan bakar solar dengan kualitas baik, seperti Pertamina DEX. Sayangnya ketersediaan bahan bakar tersebut masih terbatas pada kota-kota besar di Indonesia.

2 dari 8 Halaman

"Jika KIA Seltos Diesel hanya bisa mengkonsumsi Pertamina DEX, nantinya bisa jadi masalah. Takutnya, di beberapa daerah belum tersedia bahan bakarnya," terang Ario Soerjo, Marketing and Deveploment Division Head KIA Indonesia.

KIA hingga kini belum mau membocorkan lebih jauh kapan Seltos Diesel resmi mengaspal di Indonesia. 

 

 

 

 

 

3 dari 8 Halaman

Untuk spesifikasinya, KIA Seltos Diesel dibekali mesin berkapasita 1.500cc diesel dengan gelontoran tenaga 113 hp dan torsi 250 Nm. Dapur pacu tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 6 percepatan.

Sementara sebagai gambaran, berdasarkan daftar Kemendagri, NJKB Seltos Diesel mencapai Rp 244 juta. Meski sebatas NJKB, angka ini bisa digunakan untuk memprediksi harga resminya nanti.

4 dari 8 Halaman

KIA Carnival

KIA Carnival (Instagram/@d3rr14z1z)

Selain KIA Seltos Diesel, produsen otomotif asal Korea Selatan itu tercatat menyiapkan model lainnya, yakni KIA Carnival. Bocoran MPV bongsor itu sempat muncul di internet.

Keberadaan MPV tersebut pertama kali diunggah oleh akun Instagram, Rabu (27/8/2021), di mana foto MPV KIA Carnival terlihat di lokasi Wisma Indomobil.

5 dari 8 Halaman

Sebagai informasi KIA Carnival dan KIA Grand Sedona merupakan mobil yang sama dengan nama yang berbeda. Nama Carnival digunakan untuk beberapa pasar seperti Korea Selatan, sedangkan Sedona diperuntukkan pasar global.

Namun untuk generasi ke-4, KIA diduga sudah tidak lagi menggunakan nama Sedona. Hal ini terlihat melalui penjualan KIA Carnival di Amerika Serikat. Pasalnya, sama seperti Indonesia, MPV bongsor itu sejak awal menggunakan nama 'Sedona', tetapi untuk generasi terbaru ini namanya diubah menjadi 'Carnival'.

6 dari 8 Halaman

Seperti tertera pada daftar NJKB bulan September 2021, nama KIA Grand Sedona sudah tidak tercantum lagi. Sebagai gantinya, tercatat nama KIA Carnival 2.2 yang diduga kuat sebagai penerus Grand Sedona.

Kemungkinan besar KIA Carnival masih akan menggunakan mesin diesel yang tersedia pada Grand Sedona saat ini, seperti terindikasi pada angka 2.2 di belakangnya. Artinya mobil itu dibekali mesin 2.200cc empat silinder diesel dengan total output 199 hp dan torsi 441 Nm.

 

7 dari 8 Halaman

Sesuai daftar NJKB Kemendagri, KIA Carnival 2.2 tercatat Rp 449 juta.

NJKB

Berikut adalah NJKB KIA Seltos Diesel dan KIA Carnival 2.2 per September 2021:

KIA

NJKB

Seltos Diesel

Rp 244.000.000

Carnival

Rp 449.000.000

8 dari 8 Halaman

BERI KOMENTAR