HOME » BERITA » TERHIMPIT SUV, TOYOTA INDONESIA MASIH YAKIN JUALAN MOBIL HATCHBACK

Terhimpit SUV, Toyota Indonesia Masih Yakin Jualan Mobil Hatchback

Toyota Indonesia memandang hatchback menjadi salah satu segmen penting.

Senin, 14 September 2020 11:15 Editor : Cornelius Candra
Terhimpit SUV, Toyota Indonesia Masih Yakin Jualan Mobil Hatchback
New Toyota Yaris 2020 (Toyota)

OTOSIA.COM - Sejak beberapa tahun lalu, pasar otomotif global, termasuk Indonesia, tengah demam SUV. Tak heran jika berbagai pabrikan ramai-ramai mengisi segmen tersebut.

Bahkan, Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) sempat mengakui bahwa SUV sedang naik daun. Jelas, konsumen pun banyak yang menjatuhkan pilihan ke mobil dual-purpose itu.

Meski demikian, PT TAM tetap percaya bahwa Toyota Yaris 2020 bisa memenuhi ekspektasi mereka. Pasalnya, penjualan mobil hatchback di Indonesia berkisar di angka 10 ribuan unit per tahun.

1 dari 1 Halaman

"Tahun 2016, penjualan hatchback di market otomotif nasional sekitar 19%. Belakangan ini memang terganti oleh SUV. Jadi tahun 2019 itu komposisinya jadi 16,1% dan 2020 sampai Juli 15,7%. Ini penjualan retail ya," terang Anton beberapa waktu lalu.

"Kalau melihat market tahun 2019, 16% segmen hatchback kira-kira 160 ribuan unit, sekitar 10 ribu unit per bulan. Toyota merasa, ini masih jadi segmen yang penting. Ada 3 segmen besar untuk kendaraan penumpang, MPV, SUV, dan hatchback," tambahnya.

Sekadar informasi, New Toyota Yaris saat ini dibanderol mulai Rp263,4 juta di tipe terendahnya. Sedangkan varian tertinggi mobil hatchback tersebut dibanderol Rp201,4 juta (OTR Jakarta).

BERI KOMENTAR