HOME » BERITA » TERJUAL 500 UNIT, INI MOGE HONDA PALING LARIS DI INDONESIA

Terjual 500 Unit, Ini Moge Honda Paling Laris di Indonesia

Pasar sepeda motor di atas 500 cc nampaknya akan terus tumbuh di Indonesia kendati pasarnya kecil dan pembelinya datang dari kalangan penghobi.

Jum'at, 15 Februari 2019 14:15 Editor : Ahmad Muzaki
CMX500 Rebel (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Pasar sepeda motor di atas 500 cc nampaknya akan terus tumbuh di Indonesia kendati pasarnya kecil dan pembelinya datang dari kalangan penghobi. Mulai akhir tahun lalu hingga Fabruari ini, beragam model terbaru motor besar dari berbagai merek sudah masuk di segmen big bike Tanah Air.

Beragam jenis motor berharga ratusan juta ini pun membanjiri pasar Indonesia, mulai dari superbike, supersport, adventure, trail, hingga cruiser.

Menurut Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, daya beli masyarakat pada kategori motor ini makin berkembang. Tidak heran jika di awal tahun ini Honda langsung menggelontorkan 4 motor sekaligus di bandung pekan lalu, satu di antaranya baru pertama kali di pasarkan di Indonesia.

Keempat model tersebut adalah Honda CB650R bergaya Neo sport Cafe, Honda CB500F, Honda CB500X, CBR500R, dan warna baru Honda CMX500 Rebel.

Tahun lalu secara total jajaran moge Honda terjual sekitar 500 unit. Dari jumlah tersebut, didominasi di kelas 500 cc, terutama model cruiser.

"Konsumen yang meminati big bike kami di tahun lalu total di atas 500 konsumen. Memang volume yang paling besar itu di Honda Rebel, yang menguasai 60% - 70%. Kedua disusul CB500X sekitar 13% -15%," kata Thomas Wijaya.

Sementara varian lain di kategori 500 cc series penjualannya hampir merata. Sedangkan CB650 tahun lalu kontribusinya di kisarannya 3% - 5%.

Thomas Wijaya menyebut konsentrasi pasar motor besar Honda masih di pulau Jawa dan Bali. Untuk pulau jawa sendiri terbesar masih di Jakarta dan Jawa Barat.

"Penjualan big bike kami 90% konsentrasi pasarnya masih di Jawa dan Bali, terutama di Jakarta dan Jawa Barat," terangnya.

Saat ini pemasaran Big Bike Honda masih fokus di 10 kota besar di Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi hingga Kalimantan.

"Kami melihat bahwa big bike fokusnya masih di kota besar sehingga showroom dan pelayanan big bike melalui honda Big Wing kami ada di 10 kota besar dengan 11 outlet, di sumatera ada di Medan, dan paling banyak di Jawa, seperti Jawa Barat, Jawa tengah, Yogyakarta, Surabaya, sampai bali. Itu potensial bagi pasar big bike. Di luar itu ada di Kalimantan dan Sulawesi," paparnya.

Honda sendiri saat ini setidaknya memasarkan 10 model moge, mencakup Honda CB500F, CBR500R, CB500X, CB650F, CBR650F, CB650R, dan CBR1000RR SP, Africa Twin, Goldwing, dan tunggangan Marc Marquez versi jalan raya RC213V-S yang berharga sekitar Rp 7 miliar.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR