HOME » BERITA » TERKESAN SEPELE, 6 FAKTOR INI BISA SEBABKAN MOBIL TERBAKAR

Terkesan Sepele, 6 Faktor Ini Bisa Sebabkan Mobil Terbakar

Penyebab mobil terbakar tidak hanya lantaran mesin terlalu panas atau adanya korsleting pada sistem kelistrikna. Tapi ada juga perlakuan pemilik mobil yang bisa memicu kebakaran.

Kamis, 17 Desember 2020 09:45 Editor : Dini Arining Tyas
Terkesan Sepele, 6 Faktor Ini Bisa Sebabkan Mobil Terbakar
Toyota Alphard terbakar di Arteri Pondok Indah (Instagram/agoez_bandz4)

OTOSIA.COM - Mulai tahun 2021 mendatang, mobil-mobil baru yang dijual di Tanah Air wajib dibekali APAR atau Alat Pemadam Api Ringan. Aturan itu tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.9/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang ditetapkan pada 18 Februari 2020 lalu.

Aturan tersebut diterapkan agar bisa meningkatkan keselamatan pengendara kendaraan bermotor. Nah, bagi pemilik mobil sebelum tahun 2021, ada baiknya berinisiatif membawa APAR sendiri. Sebab, jika mobil terbakar maka kerugian sudah bisa dipastikan tidak sedikit.

Berbicara soal mobil terbakar, selain menyiapkan APAR, pemilik mobil juga perlu tahu bahwa ada beberapa penyebab kebakaran. Tidak melulu soal korsleting sistem kelistrikan atau mesin terlalu panas (overheat).

1 dari 3 Halaman

Ada banyak komponen mobil yang memungkinkan terjadinya kebakaran. Selin itu juga perilaku pemilik yang juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar.

Contohnya saja, salah menggunakan aksesori mobil yang tidak sesuai standar. Atau bisa saja pemilik jarang merawatnya. Berikut ada enam penyebab mobil terbakar yang umum terjadi dilansir dari Zing.vn:

Jarang Merawat Mobil

Perawatan mobil perlu dilakukan agar tidak hanya membuat performa selalu sehat dan tampilan yang keren, tapi juga perlu agar bisa mencegah risiko kebakaran. Salah satu pencegahan dalam merawat mobil adalah memeriksa kelistrikan dan tangki bahan bakar yang harus dilakukan secara berkala. Lakukan pemeriksaan bagian mesin juga jangan kelewatan ya Otolovers.

2 dari 3 Halaman

(c) Sudin Gulkarmat Jatim

Pasang Aksesori Tambahan

Menambahkan aksesori untuk mobil kerap dilakukan. Tapi jika pemilihan aksesori tidak tepat, bisa menimbulkan risiko kebakaran mobil. Pilih aksesori yang sesuai standar dan pasang di bengkel yang terpercaya.

Mesin Terlalu Panas

Seperti disebut di awal, mesin terlalu panas alias overheat memang bisa memicu terjadinya kebakaran. Hanya saja, kondisi itu didukung dengan cairan baik minyak atau cairan pendingin yang tumpah.

Kecelakaan

Otolovers sudah sering melihat insiden kebakaran yang bermula dari kecelakaan bukan? Yap, itu sangat mungkin terjadi, akibat komponen vital mobil seperti baterai atau tangki bahan bakar terdampak insiden.

3 dari 3 Halaman

Catalytic Converter Terlalu Panas

Aturannya, catalytic converter berfungsi menyaring polutan pada gas buang. Tapi rupanya, komponen ini juga bisa memicu terjadinya kebakaran mobil jika suhunya terlalu panas. Untuk mencegahnya, lakukan perawatan dengan mengamati busi dan konsumsi BBM yang disarankan.

Kesalahan Desain

Sebab yang satu ini terkesan sepele, tapi bisa menyebabkan insiden fatal. Contohnya, pengaturan kabel atau tata letak yang tidak aman pada desain itu memiliki risiko menyebabkan kebakaran yang besar.

BERI KOMENTAR