HOME » BERITA » TERKUAK, HONDA BR-V YANG DIKENDARAI WAKIL DPRD SULUT DAN ANGEL SEPANG NUNGGAK SETAHUN

Terkuak, Honda BR-V yang Dikendarai Wakil DPRD Sulut dan Angel Sepang Nunggak Setahun

Viral sebuah video yang menunjukkan perempuan nekat mengadang Honda BR-V yang sedang melaju. Rupanya, peristiwa pengadangan itu melibatkan Wakil Ketua DPRD Sulut James Arthur Kojongian dan istrinya Michaela Elsiana Paruntu, serta seorang perempuan bernama Angel Sepang.

Kamis, 28 Januari 2021 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Terkuak, Honda BR-V yang Dikendarai Wakil DPRD Sulut dan Angel Sepang Nunggak Setahun
Viral pengadangan Honda BR-V (Facebook/Hotsppot Manado)

OTOSIA.COM - Kasus yang menyeret nama Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, James Arthur Kojongian masih menjadi sorotan publik. Kasus itu muncul setelah video seorang perempuan yang diketahui merupakan istri sahnya, Michaela Elsiana Paruntu, nekat mengadang mobil yang sedang melaju.

Video itu pun viral di berbagai platform media sosial. Diketahui saat insiden itu terjadi, James Arthur sedang bersama perempuan yang menjadi selingkuhannya, Angel Sepang.

Mobil yang dipakai saat peristiwa itu terjadi adalah Honda BR-V warna abu-abu metalik. Dalam video yang viral tersebut terlihat pelat nomor mobil tersebut DB 1513 BJ.

1 dari 5 Halaman

Menariknya, mobil tersebut tidak ada dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik James Arthur. Wakil Ketua DPRD Sulut yang kini sudah diberhentikan sebagai Ketua Harian DPD II Partai Golkar Sulut itu diketahui hanya melaporkan dua mobil Toyota Innova.

Spekulasi pun muncul bahwa mobil Honda BR-V yang dipakai bersama Angel Sepang adalah mobil sewaan. Saat ditelusuri melalui laman Dispenda Provinsi Sulut, Honda BR-V abu-abu metalik itu adalah model tahun 2016.

(c) Tangkapan layar laman Dispenda Provinsi Sulut

Low Sport Utility Vehicel (LSUV) tersebut masih milik tangan pertama. Meski tak diketahui mobil tersebut dimiliki atas nama siapa, tapi ada rincian tentang pajak mobil tersebut.

2 dari 5 Halaman

Nilai Pajak

Dalam laman Dispenda Provinsi Sulut, Honda BR-V itu ternyata menunggak pajak satu tahun. Periode jatuh tempo pajak mobil tersebut berakhir pada 21 Agustus 2020.

Total nilai pajak mobil yang dipakai James Arthur dan Angel Sepang itu sebesar Rp 3.652.900. Rinciannya yakni PKB Rp 3.071.300, Denda PKB Rp 368.600, dan SWDKLLAJ Rp 143.000 serta Denda SWDKLLAJ Rp 70.000.

3 dari 5 Halaman

Isi Garasi Michaela Elsiana Paruntu

Video aksi pengadangan mobil di Manado viral di media sosial. Perempuan yang mengadang mobil itu disebut berusaha menghentikan suaminya yang berada di dalam mobil bersama selingkuhannya.

Belakangan diketahui bahwa laki-laki di dalam mobil itu merupakan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara, James Arthur Kojongian. Sedangkan perempuan yang mengadangnya itu merupakan istri sahnya, Michaela Elsiana Paruntu.

Nama keduanya tak asing bagi warga setempat. Apalagi fakta bahwa James Arthur merupakan wakil rakyat, sedangkan istrinya yang juga merupakan seorang dokter itu sempat maju di pilkada 2020.

 

4 dari 5 Halaman

Calon Bupati Minahasa Selata pada Pilkada 2020

(c) Facebook/Michaela Elsiana Paruntu

Micha, sapaan akrabnya sempat mencalonkan diri sebagai Bupati Minahasa Selatan. Tapi perempuan kelahiran Nottingham, 1 Oktober 1982 itu kalah dari Franky Donny Wongkar dan Petra rembang sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Minahasa Selatan dalam kontestasi politik itu.

Seperti para calon kepala daerah lainnya, Micha wajib melaporkan harta kekayaan yang dia miliki. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 26 Agustus 2020, Micha memiliki total harta Rp 9.366.176.000 (Rp 9,3 miliaran).

Total nilai harta itu terdiri dari berbagai macam aset, seperti tanah, rumah, surat berharga hingga alat transportasi dan harta bergerak lainnya. Pada harta alat transportasi, Micha tercatat hanya memiliki satu unit mobil Toyota Innova Venturer 2017 senilai Rp 275 juta.

5 dari 5 Halaman

(c) Facebook/Michaela Elsiana Paruntu

Sementara itu, James Arthur Kojongian juga memiliki kendaraan yang sama. Meskipun dalam video yang viral dia mengendarai Honda BR-V. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik James Arthur Kojongian, adalah dua unit Toyota Innova dengan tipe berbeda.

Pertama, James Arthur Kojongian memiliki Toyota Innova tahun 2018 senilai R 425 juta. Kedua Toyota Innova G 2.0 A/T Tahun 2019 senilai Rp 330 juta.

BERI KOMENTAR