HOME » BERITA » TERKUAK, MAKNA TDI PADA MESIN DIESEL

Terkuak, Makna TDI pada Mesin Diesel

Beberapa mesin diesel pada merek tertentu memiliki emblem tambahan TDI. Ternyata rangkaian tiga huruf itu memiliki penjelasan sendiri.

Jum'at, 07 Februari 2020 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Terkuak, Makna TDI pada Mesin Diesel
Mesin Audi V6 TDI (Autoexpress.co.uk)

OTOSIA.COM - Pada mobil modern dengan mesin diesel, kerap dijumpai embel-embel 'TDI'. Mesin diesel TDI itu disebut memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Selain itu, mesin diesel berlabel TDI juga memancarkan gas buang berbahaya pada tingkat yang sangat rendah. Sehingga mesin ini boleh disebut jauh lebih baik dengan mesin yang dijuluki diesel kotor.

Lalu, TDI itu apa sih? Rangkaian tiga huruf itu sebenarnya bisa disebut sebagai akronim.

Audi SQ5 TDI

1 dari 2 Halaman

T adalah Turbo

Menurut Autoexpress, huruf T pada TDI berarti Turbocharged. Itu artinya menunjukkan bahwa mesin tersebut dibekali turbocharger.

Komponen itu merupakan kompresor yang digerakkan oleh gas buang dan mengompres udara masuk. Sehingga lebih banyak udara yang dimasukkan ke dalam ruang bakar. Dengan begitu, lebih banyak bahan bakar yang tercampur, akan menghasilkan lebih banyak daya dalam jumlah tertentu.

Mesin diesel non-turbo pun biasanya sudah ekonomis. Hanya saja dayanya rendah. Penggunaan huruf T untuk Turbocharged itu dipakai secara universal oleh para produsen mobil. Tapi masih ada beberapa pabrikan yang tak memakai huruf tersebut meskipun memakai turocharged. Seperti Mercedes-Benz CDI atau Citroen HDi.

Adi SQ5 TDI

2 dari 2 Halaman

DI

Tak seperti huruf T yang berdiri sendirian, D dan I adalah satu kestuan. DI adalah Direct Injection. Teknologi itu adalah cara paling efisien untuk memasukkan bahan bakar ke dalam silinder mobil.

DIrect injection menggunakan injektor yan glebih canggih dan dioperasikan secara elektronik. Sehingga jumlah bahan bakar dan waktu injeksi bisa dikontrol secara tepat. Selain itu, suntikan bisa dilakukan pada tekanan yang jauh lebih tinggi. Dengan tingkat kontrol yang tinggi, bahan bakar bisa disuntikkan tergantung pada situasi mengemudi untuk meningkatkan efisiensi dan daya.

Sementara itu pada sistem yang lebih tradisional, baik mesin diesel maupun bensin menggunakan injeksi tidak lansung. Sisem ini menyuntukkan bahan bakar di luar silinder.

BERI KOMENTAR