HOME » BERITA » TERKUAK SEDANG DITES, BEGINIKAH TAMPANG HYUNDAI KONA TERBARU?

Terkuak Sedang Dites, Beginikah Tampang Hyundai Kona Terbaru?

Hyundai Kona terbaru terciduk sedang tes jalan. Spyshot yang tersebar cukup mirip dengan render karya akun YouTube Hitekro. Begini rinciannya.

Selasa, 07 Juni 2022 16:30 Editor : Arendra Pranayaditya
Terkuak Sedang Dites, Beginikah Tampang Hyundai Kona Terbaru?
Render Hyundai Kona terbaru (YouTube/Hitekro)

OTOSIA.COM - Hyundai Kona sudah cukup lama mengaspal di Indonesia. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 sebagai crossover dengan mesin berbahan bakar konvensional.

Setahun kemudian, Hyundai memperkenalkan versi Electric Vehicle (EV) dari Kona yang mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan, dengan penjualan Kona EV lebih laris, Hyundai memutuskan untuk memberhentikan penjualan Kona biasa di tahun 2021.

Sementara Kona Electric terus dijual hingga saat ini dan terakhir mendapatkan facelift di tahun 2021.

1 dari 4 Halaman

Model baru

Komparasi render dan spyshot Hyundai Kona terbaru (YouTube/Hitekro, carscoops.com)

Di luar Indoensia, Hyundai tengah mengetes Kona terbaru. Crossover ini sempat terciduk sedang uji jalan di berbagai negara, mulai dari Korea Selatan hingga di Spanyol. SUV ini kerap ditemukan dengan seluruh bodi tertutup dengan kamuflase.

Lantas, dengan bentuk Kona terbaru masih menjadi misteri, beberapa orang mencoba menebak bentuk resminya. Melansir thekoreancarblog.com, Senin (6/6/2022), akun YouTube Hitekro mencoba mengungkap wujud resminya.

2 dari 4 Halaman

Berdasarkan foto yang ditunjukkan, Hyundai Kona terbaru kelak mempunyai bentuk yang lebih radikal. Fascia depan mobil ini tampil lebih agresif melalui penggunaan DRL memanjang, lampu depan vertical, dan desain bumper penuh tarikan garis lancip.

Sementara bagian samping Hyundai Kona terbaru juga nampak mengalami beberapa rombakan. Ada tarikan garis miring seperti IONIQ 5 di antara pintu samping, pelek model kipas dengan desain serba lancip, pilar D floating dan body cladding mobil ini makin tebal.

Yang menarik, render ini cukup mirip dengan spy shot baru yang tersebar. Hal ini terlihat dari letak lampu dan garnish berbentuk segitiga di bumper depan. Lalu bagian atap ini juga memiliki desain yang serupa dengan render tersebut.

3 dari 4 Halaman

Bocoran lainnya

Spyshot interior Hyundai Kona terbaru (carscoops.com)

Di sisi lain, situs carscoops.com mengungkapkan bahwa Kona terbaru bakal mengusung interior yang sama seperti IONIQ 5. Hal ini terungkap dari spyshot yang tersebar baru-baru ini, menunjukkan bagian dalam dari Kona terbaru yang sedang tes jalan.

Kesamaan dengan IONIQ 5 terlihat dari bentuk lingkar kemudi dan sepasang layar yang berfungsi sebagai speedometer dan head unit. Sementara panel AC mobil ini juga terlihat mirip dengan kepunyaan IONIQ 5.

4 dari 4 Halaman

New Hyundai Kona kemungkinan besar mengusung mesin hybrid 1.600cc dengan semburan tenaga 141 PS dan torsi 264 Nm. Mesin ini diklaim bisa mempunyai konsumsi BBM mencapai 22.5 km/l dan juga ditemukan pada KIA Niro terbaru.

Sedangkan versi lainnya mencakup energi listrik. Hyundai Kona terbaru juga berpotensi dibenamkan baterai berukuran 64.8 kWh dengan motor listrik berdaya 204 PS. Konfigurasi ini diklaim bisa menempuh jarak sehauh 407 km dalam sekali pengecasan.

Lantaran PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) hingga saat ini masih menjual Kona sebagai mobil listrik, boleh jadi versi terbaru ini juga diperkenalkan kelak.

BERI KOMENTAR