HOME » BERITA » TERLAHIR DI MASA KINI, SEDERET MOTOR INI TETAP MENAWAN MESKI BERNUANSA RETRO KLASIK

Terlahir di Masa Kini, Sederet Motor Ini Tetap Menawan Meski Bernuansa Retro Klasik

Motor berpenampilan retro klasik tengah menjamur di kalangan motorist dan modifikator.

Senin, 02 April 2018 16:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi : Motor retro klasik. returnofthecaferacers.com

OTOSIA.COM - Motor berpenampilan retro klasik tengah menjamur di kalangan motorist dan modifikator. Pasalnya, desain tersebut menawarkan bentuk yang cenderung membulat dan kokoh.

Bahkan, beberapa orang sampai benar-benar berburu motor lawas keluaran sebelum tahun 1990-an. Namun, karena usia motor yang cenderung tua dan membutuhkan perawatan lebih, sebagian lebih cenderung untuk melakukan modifikasi motor masa kini.

Tapi tak jarang pula orang yang enggan mengubah motor mereka menjadi berpenampilan zaman dulu alias jadul. Salah satunya adalah dengan membeli motor terkini dengan tampilan retro.

Beberapa pabrikan ternyata juga menyadari permintaan tersebut dan merilis produk mereka untuk memenuhi pasar.

Dilansir dari Liputan6.com, inilah sederet motor terkini dengan penampilan retro klasik :

1. Yamaha SR 400

Motor retro-klasik paling legendaris dengan masa bakti paling lama dari pabrikan berlogo garputala ini diproduksi sejak 1978 dan masih bertahan hingga saat ini.

Pada 2014 lalu, Yamaha masih mengeluarkan model yang ada sejak 36 tahun lalu ini dengan beberapa teknologi modern yang disematkan seperti sistem bahan bakar injeksi dan rem cakram depan.

SR 400 menggunakan transmisi lima kecepatan manual dengan menggunakan kopling yang kabelnya tersembunyi sehingga tampak rapi. Kaki-kaki motor retro menggunakan garpu standar dan sepasang suspensi belakang yang menyediakan ukuran 5,9 inci dan 4,1 inci.

2. Triumph Boneville T120

Pabrikan asal Inggris yang juga membuat motor retro ialah Triumph. Salah satu produknya adalah Boneville T120.

Dari desainnya, motor ini lekat dengan nuansa lawas yang cenderung membulat. Tampilannya identik dengan generasi pertamanya yang dirilis pada tahun 1959.

Kini, Boneville T120 mengusung mesin 2-silinder, 1.200 cc dengan pendingin cairan. Dapur pacu tersebut mampu menyemburkan tenaga 80HP @ 6.550rpm dengan torsi 77,4lb-ft @ 3.100 rpm.

3. Royal Enfield Interceptor 650

Pabrikan yang bermarkas di India ini nampaknya juga masih setia dengan desain lawas. Terbukti dengan produk terbarunya, Interceptor 650. Motor ini baru saja dirilis pada 2017 lalu.

Namun, tampilannya kental dengan nuansa motor jalanan tahun 1960. Pasalnya, motor ini memiliki single-seat dengan riding position cenderung menunduk layaknya desain cafe racer.

Seperti namanya, Interceptor 650, produk Royal Enfield ini mengusung mesin 650 cc. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 46,9HP.

4. Kawasaki W800

Pabrikan Jepang lainnya yang juga masih membuat motor berdesain jadul ialah Kawasaki dengan W800 buatannya. Tampilannya memang dibuat mewah dengan pemasangan part logam.

Sekilas, wajah terbaru motor ini mengingatkan pada sosok Kawasaki W1 yang lahir jauh lebih dulu, yakni tahun 1960-an. Motor tersebut sempat melegenda pada masanya karena tampilan dan performanya.

Mengusung mesin 1-silinder SOHC 773 cc, motor ini mendapat pasokan tenaga sebesar 48HP @ 6.500rpm dan torsi 60Nm @ 2.500rpm. Di Indonesia, W800 ditawarkan seharga Rp250 jutaan.

Sumber : Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR