HOME » BERITA » TERLEMPAR DARI 5 BESAR, DAIHATSU XENIA MAKIN TENGGELAM

Terlempar dari 5 Besar, Daihatsu Xenia Makin Tenggelam

Daihatsu Xenia kini tidak lagi menjadi primadona penjualan Daihatsu. Posisinya kini terlempar dari 5 besar penjualan total Daihatsu

Jum'at, 13 November 2020 08:15 Editor : Nazarudin Ray
Terlempar dari 5 Besar, Daihatsu Xenia Makin Tenggelam
Grand New Xenia (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Sebelum Sigra dan Ayla datang, MPV Xenia menjadi raja dalam total penjualan Daihatsu selama beberapa tahun. Seiring berjalannya waktu dan segmen low MPV mulai banyak pemain, perlahan-perlahan nama Xenia mulai tenggelam. Terlebih Daihatsu tidak melakukan perubahan yang radikal untuk membuat daya gedor Xenia menjadi kuat.

Sejak dua tahun terakhir LCGC Sigra menjadi mobil Daihatsu paling laku. Menyusul di belakangnya Gran Max dan Terios. Xenia pun tidak lagi jadi primadona. Bahkan posisinya tidak masuk lima besar penjualan terlaris Daihatsu. Penjualan Xenia disalip Gran Max minibus.

Melihat penjualan Daihatsu setiap bulan, Sigra masih perkasa. Misalnya, dari total penjualan retail sales Daihatsu sebanyak 81.623 unit sepanjang Januari-Oktober, Sigra telah terjual 21.700 unit, atau berkontribusi sebesar 26,6 persen.

1 dari 2 Halaman

Secara total penjualan retail sepanjang periode tersebut, market share Daihatsu naik menjadi 18 persen.

Posisi kedua ditempati Gran Max Pick-Up yang terjual 19.058 unit atau berkontribusi 23,3 persen, dan diikuti Terios sebanyak 11.891 unit atau menyumbang 14,6 persen. Menyusul berikutnya Ayla yang terjual 10.478 uni atau 12,8 persen.

Daihatsu Gran Max minibus tercatat menempati peringkat keempat dengan angka penjualan 8.081 unit, atau berkontribusi 9,9 persen.

Sementara Xenia berada di urutan kelima dengan hanya terjual 7.968 unit sepanjang tahun ini, atau hanya menyumbang 9,8 persen dari total penjualan Daihatsu.

Di bawah Xenia ada Sirion dan Luxio. Baik Sirion dan Luxio jika digabung penjualannya hanya 2.447 unit atau 3.0 persen.

 

 

2 dari 2 Halaman

?Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif. Marilah kita tetap semangat, jaga kesehatan, selalu berpikir positif, dan tetap mempersiapkan diri yang terbaik untuk menghadapi masa depanl," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sementara itu memasuki kuartal keempat penjualan otomotif nasional pada bulan Oktober masih belum menunjukkan pergerakan secara signifikan di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Secara nasional, penjualan otomotif hingga Oktober 2020, berada di kisaran 450 ribu unit untuk retail sales, dan sekitar 420 ribu untuk whole sales.

 

BERI KOMENTAR