HOME » BERITA » TERLIHAT SEPELE, TAPI UKURAN HELM HARUS PAS DENGAN KEPALA

Terlihat Sepele, Tapi Ukuran Helm Harus Pas dengan Kepala

Selasa, 03 Juli 2018 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
ilustrasi/ndtv.com

OTOSIA.COM - Piranti wajib saat mengendarai motor adalah helm. Piranti ini tidak boleh tidak dipakai.

Nah, selain jangan sampai lupa pakainya, ukuran helm yang dipakai pun penting lho otolovers. Melansir Astra Honda Motor, bahwa helm juga punya masa berlakunya. Sekitar 5 tahun setelah dibeli dan dipakai.

Kenapa helm ada umurnya? Sebab, pada umumnya helm menggunakan busa sterefoam sebagai peredam benturan jika terjadi kecelakaan. Seiring berjalannya waktu, sifat menahan benturan pada busa sterefoam akan berkurang.

Lama kelamaan, fungsinya sebagai penyerap benturan akan tidak optimal.

selain itu, pastinya jika helm sudah lama tidak diganti akan ada bau-bau yang tak sedap atau malah jadi sempit. Ditambah, teknologi helm makin lama makin berkembang. Mulai dari fitur anti maling sampai double visor dan desain yang kece abis.

Kalau mau ganti helm, juga nggak boleh sembarangan ya otolovers. Pertama, harus sesuaikan ukuran helm, jangan terlalu longgar atau terlalu sempit.

Dalam hal keamanan, memakai ukutan yang pas adalah hal yang penting. Sebab, jika ukuran helm kebesaran kemungkinan terlepas saat terjatuh pun semakin besar karena longgar. Sebaliknya, jika kekecilan juga sama berbahayanya karena bisa meremukkan kepala jik kecelakaan.

Maka cobalah terlebih dahulu saat membeli karena bentuk dan ukuran helm bervariasi. pastikan juga helm tersebut berlogo SNI.

Pilih helm yang ketika dipakai bagian bantalan pipi helm menyentuh pipi dan tidak ada ruang diantaranya. Kencangkan tali pengikat helm dan tarik helm ke kanan dan kiri. jika pipi bergerak mengikuti arah tarikan helm berarti sudah pas.

Selain itu, bagian depan helm juta tidak menyentuh mulut atau hidung. Jika menggunakan kacamata, pastikan kacamata tersebut muat ketika visor helm diturunkan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR