HOME » BERITA » TERNYATA ADA SATU NEGARA YANG TIDAK MEMBEBANKAN PAJAK MOBIL DAN JALANAN PUN GRATIS, DI MANAKAH ITU?

Ternyata Ada Satu Negara yang Tidak Membebankan Pajak Mobil dan Jalanan pun Gratis, di Manakah Itu?

Ada satu negara yang justru membebaskan warganya dari setiap pajak kendaraan bermotor. Bahkan tidak ada pungutuan apa pun dalam penggunaan sarana jalan umum.

Selasa, 03 Mei 2022 15:22 Editor : Nurrohman Sidiq
Ternyata Ada Satu Negara yang Tidak Membebankan Pajak Mobil dan Jalanan pun Gratis, di Manakah Itu?
Suasana parkiran di Arab Saudi (YouTube/@Alman Mulyana)

OTOSIA.COM - Pajak merupakan salah satu sumber pendanaan alternatif untuk membangun sarana dan prasarana bersama, terlbih untuk kendaraan bermotor.

Di Indonesia contohnya, ada banyak yang ditanggung dalam sebuah kendaraan baik dibebankan kepada konsumen atau pun produsen, misalnya saja pajak tahunan.

Namun ternyata, ada satu negara yang justru membebaskan warganya dari setiap pajak kendaraan bermotor. Bahkan tidak ada pungutuan apa pun dalam penggunaan sarana umum.

1 dari 4 Halaman

Melansir kanal YouTube Alman Mulyana, negara itu adalah Arab Saudi. Pemerintahnya memang seolah memberikan angin segar bagi para pecinta otomotif.

"Di sini (Arab Saudi) perbedaannya itu mobil seperti Land Cruiser ya kalau di Indonesia itu pajaknya mahal. Kalau di sini itu bedanya gak ada pajak," ulas sang pemilik video.

Meski demikian, pemilik kendaraan masih harus membayar biaya KIR. Hal ini berkaitan dengan keselamatan berkendara yang tentunya dijunjung tinggi oleh setiap negara.

2 dari 4 Halaman

Tanda sudah membayar KIR di Arab Saudi (YouTube/Alman Mulyana)

Setiap kendaraan yang sudah menjalani prosedur KIR akan mendapatkan label khusus sehingga mudah dicek setiap saat.

"Jadi, pajaknya itu cuma pas beli doang. Jadi setiap tahun itu hanya membayar kayak KIR ya. Nah contohnya seperti mobil saya ini ya, ini bayar KIR ya," terangnya.

Menariknya, pembebeasan pajak kendaraan itu tidak cuma untuk satu jenis kendaraan saja, tapi merata. Artinya setiap model kendaraan dari entry level sampai premium tidak lagi punya biaya tambahan.

3 dari 4 Halaman

"Mau mobil apa itu, mobil apa saja, mobil Land Cruiser kan kalau di Indonesia harganya sekitar Rp2 miliar setengah, pajaknya kan lumayan itu. Tapi di sini setiap tahunnya itu hanya membayar sekitar 75 real, mobil apa pun itu semua rata harganya," ungkapnya.

Maka dari itu, tak sedikit dari warga negara Arab Saudi yang justru lebih mengutamakan untuk membeli jenis kendaraan dengan harga selangit.

"Makanya orang kaya di sini beli mobilnya itu yang bagus-bagus," ceritanya.

 

4 dari 4 Halaman

Wah! Benar-benar surga yang indah pastinya bagi para penyuka otomotif ya.

BERI KOMENTAR