HOME » BERITA » TERNYATA AKTIVITAS SEPELE BERIKUT TINGKATKAN RISIKO KECELAKAAN

Ternyata Aktivitas Sepele Berikut Tingkatkan Risiko Kecelakaan

Melakukan aktivitas seperti menatap layar untuk melihat navigasi atau menyalakan musik saat menyetir terlihat sepele. Tapi hal itu justru berbahaya.

Senin, 23 Maret 2020 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ternyata Aktivitas Sepele Berikut Tingkatkan Risiko Kecelakaan
Kecelakaan mobil (Ilustrasi/The Drive)

OTOSIA.COM - Bukan tanpa alasan pihak berwenang membuat aturan tak boleh berkendara sembari mengoperasikan handphone. Itu karena aktivitas tersebut sangat berbahaya. Bahkan hanya sekadar melihat layar navigasi, pemutar musik atau sejenisnya, bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh TRL Limited untuk IAM RoadSmart mengungkapkan bahwa ada hal lain selain handphone yang bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Dilansir dari Autoevolution, pengemudi yang berinteraksi dengan CarPlay atau Android Auto, secara signifikan bisa meningkatkan risiko kecelakaan karena butuh waktu untuk bereaksi.

Penelitian ini mencakup dua uji coba yang berbeda, yakni Android Auto dan CarPlay. Ada 20 peserta yang terlibat menggunakan tiga simulasi.

Pertama, mengontrol menggunakan sistem on-board, kedua menggunakan kontrol suara, dan ketiga menggunakan cara manual dengan input sentuhan pada layar mobil.

1 dari 2 Halaman

Hasilnya, waktu reaksi yang dibutuhkan meningkat secara substansial pada kedua sistem, terutama ketika menggunakan input sentuhan. Peserta disebut secara signifikan mengurangi kecepatan rata-rata ketika akan melakukan aktivitas memutar musik dan navigasi menggunakan fitur sentuhan, baik Android Auto maupun Apple CarPlay.

"Peserta yang menggunakan Android Auto menunjukkan pengurangan kecepatan rata-rata saat melakukan SMS atau panggilan menggunakan fitur suara dan sentuhan," begitu menurut penelitian.

2 dari 2 Halaman

Sementara itu, ektika diminta menjaga jarak yang sama dengan kendaraan yang ada di depan, sebagian besar pengemudi gagal melakukannya setelah berinteraksi dengan Android Auto atau CarPlay. Para peneliti juga menyebut bahwa mereka melihat penyimpangan posisi jalur yang dilakukan pengemudi ketika menggunakan kontrol sentuh.

Para pengemudi disebut mengalihkan pandangan dari jalan selama lebih dari 12 detik ketika melakukan kontrol Android Auto ataupun CarPlay. Aktivitas yang dimaksud seperti memilih musik, membaca teks atau membuat panggilan. Tapi waktu tersebut berkurang ketika menggunakan kontrol suara.

[pos_1]
BERI KOMENTAR