HOME » BERITA » TERNYATA, BEGINI ALASAN KEMUDI MOBIL BERBENTUK LINGKARAN

Ternyata, Begini Alasan Kemudi Mobil Berbentuk Lingkaran

Pernahkah Anda penasaran mengapa kemudi mobil berbentuk lingkaran?

Rabu, 18 Juli 2018 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Carscoops

OTOSIA.COM - Pernahkah Anda penasaran mengapa kemudi mobil berbentuk lingkaran? Penyematan kemudi berbentuk lingkaran atau roda sebenarnya memiliki sejarah tersendiri. Dilansir dari carfromjapan.com, Rabu (18/07/2018), pada awalnya kemudi mobil tidak berbentuk lingkaran namun tuas seperti pada transmisi.

Bentuk kemudi seperti ini cukup mudah digunakan hanya saja tidak memiliki keakuratan yang baik ketika mengarahkan roda. Hal tersebut membuat mobil dengan kemudi tuas sulit untuk diparkirkan. Sedangkan kemudi berbentuk lingkaran sangat ideal untuk urusan parkir.

Foto by Nissan Indonesia

Alasan lain mengapa kemudi berbentuk lingkaran yaitu memudahkan ketika memutar balik. Di mana arah ban dapat diatur sesuai keinginan secara presisi. Karena bentuknya yang melingkar, tenaga yang dibutuhkan untuk memutar kemudi juga menjadi rata. Hal itu akan berbeda jika kemudinya tidak berbentuk lingkaran.

Kemudi berbentuk lingkaran juga cukup aman. Karena tidak ada sudutnya, risiko terbentur tangan ketika berputar sangat minim. Bayangkan jika bentuknya persegi empat, sudut-sudutnya yang tajam bisa saja melukai pengendara.

Namun begitu, saat ini tak semua kemudi kendaraan berbentuk lingkaran penuh. Beberapa pabrikan membuat kemudi dengan bagian bawahnya datar. Hal tersebut diadaptasi dari mobil balap yang memiliki ruang cukup sempit. Dengan adanya kemudi yang bagian bawahnya datar mengizinkan pengendara untuk keluar dari kendaraan tanpa harus tersangkut kemudi.

(kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR