HOME » BERITA » TERNYATA, BEGINI CARA BERSIHKAN KARBON-LUMPUR DI MESIN

Ternyata, Begini Cara Bersihkan Karbon-Lumpur di Mesin

Karbon dan lumpur atau sludge bisa muncul pada mesin. Keduanya membuat bentuk ruang pembakaran di mesin tidak lagi sama.

Rabu, 15 Juli 2020 20:15 Editor : Nazarudin Ray
Ternyata, Begini Cara Bersihkan Karbon-Lumpur di Mesin
Ilustrasi pelumasan di mesin (volkswagen.com)

OTOSIA.COM - Karbon dan lumpur atau sludge bisa muncul pada mesin. Ini merupakan efek yang hadir dalam kinerja mesin dari waktu ke waktu.

Kemunculan dua hal tersebut tentu membuat bentuk ruang pembakaran di mesin tidak lagi sama dan turut menghambat kerja. Ini makanya, tenaga mesin menjadi tidak seenak yang seharusnya.

"Sludge, carbon, semua ini menempel di permukaann mesin," ujar Direktur Komersial Evalube Yomie Harlin

1 dari 2 Halaman

Membersihkannya tentu perlu membongkar mesin. Akan tetapi, cara yang lebih mudah dilakukan pihaknya dengan membuatnya bisa larut bersama pelumas.

"Dengan aditif detergen pada pelumas, sludge, carbon yang menempel di permukaann mesin bisa dilarutkan supaya nantinya terperangkap filter," kata dia.

Di produk baru Evalube, mereka menyebutnya dengan Veltec with Clean Shield Formula. Dengan formula baru pembersih ini, pihaknya mengklaim perbaikan 3-4 persen dibandingkan produk sebelumnya.

 

2 dari 2 Halaman

Bicara pengetesan, baik untuk mesin sepeda motor maupun mobil, Evalube menerapkannya dengan jarak tempuh besar.

"Di roda empat, kami melakukan pengetesan baik dengan mitra, maupun customer hingga 27.000 km. Kami juga melakukan pengetesan pada perusahaan transportasi ternama, juga kendaraan rental hingga 10.000 km," tambahnya.

 

BERI KOMENTAR