HOME » BERITA » TERNYATA CUCI MOBIL SENDIRI TAK SEMUDAH KELIHATANNYA

Ternyata Cuci Mobil Sendiri Tak Semudah Kelihatannya

Kebanyakan orang memilih untuk mencuci mobil dengan berbagai alasan. Ternyata, hal itu tak semudah kelihatannya.

Sabtu, 27 Oktober 2018 14:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi cuci mobil sendiri (Carnewschina.com)

OTOSIA.COM - Selain merawat mesin, penampilan mobil pun tetap harus dijaga. Selain lebih enak dipandang, mobil yang bersih usianya relatif lebih panjang. Karena itu, disarankan untuk mencuci mobil secara rutin, setidaknya 2 bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Sebagian orang lebih memilih untuk mencuci mobil sendiri di rumah. Alasannya pun bervariasi, mulai dari menghemat biaya hingga waktu yang fleksibel. Bahkan beberapa orang sampai membeli berbagai perlengkapan untuk mencuci mobil di rumah, seperti sabun hingga lap khusus.

Ternyata, aktifitas mencuci mobil sendiri tidak semudah kelihatannya. Mengutip dari Popularmechanics.com, ada berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum, saat, dan setelah mencuci mobil. Berikut ulasannya:

1. Kondisi kendaraan

Sebelum mencuci mobil, disarankan untuk melihat secara detail kondisi mobil. Hal ini berpengaruh pada cara pencucian. Jika tidak terlalu kotor, cukup dilap hingga bersih dan kemudian dipoles. Apabila kondisinya sangat kotor, perlu dicuci dengan air bertekanan untuk merontokkan kotoran yang menempel.

2. Perlengkapan mencuci

Tak jarang orang membeli perlengkapan khusus untuk mencuci mobil. Namun, sebelum itu, Otolovers perlu membaca kandungan dan cara pakai pada sabun mobil. Sebagian cairan diciptakan untuk komponen yang berbeda, seperti pembersih khusus velg, kaca, dan body.

3. Proses pencucian

Hindari mencuci di bawah terik matahari karena air di body mobil akan cepat mengering dan meninggalkan bercak. Selain itu, gunakan lap bersih untuk menggosok berbagai bagian mobil guna menghindari gesekan dengan debu atau pun kerikil.

4. Poles mobil

Mobil harus segera dikeringkan setelah dicuci. Hal itu dilakukan untuk mencegah munculnya bercak air yang menempel. Setelahnya, berikan wax atau cairan poles khusus supaya mobil terlihat lebih bersih dan berkilau.

5. Perawatan rutin

Meski mobil telah dicuci, bukan berarti Otolovers tidak perlu membersihkannya lagi. Lap mobil minimal 2 hari sekali atau sesegara mungkin setelah menerjang hujan.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR