HOME » BERITA » TERNYATA FITUR INI ABSEN DARI YAMAHA AEROX CONNECTED

Ternyata Fitur Ini Absen dari Yamaha Aerox Connected

Ada 1 fitur yang tidak disematkan di Yamaha Aerox Connected, yakni TCS.

Selasa, 03 November 2020 20:45 Editor : Cornelius Candra
Ternyata Fitur Ini Absen dari Yamaha Aerox Connected
Yamaha Aerox Connected (Yamaha)

OTOSIA.COM - Pada akhir 2019 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi merilis 3 produk baru sekaligus, salah satunya all-new Yamaha NMax. Berselang sekitar setahun, mereka akhirnya menghadirkan saudara skutik gambot tersebut, yakni Yamaha Aerox Connected.

Benar saja, beragam teknologi Yamaha Aerox Connected diadopsi dari Yamaha NMax. Skutik gambot sporty itu sekarang memiliki instrumen panel yang dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi Y-Connect (Yamaha Connect).

1 dari 3 Halaman

 

Dengan hadirnya teknologi Y-Connect, instrumen panel Yamaha Aerox Connected bisa menampilkan notifikasi pesan dan telepon. Selain itu, di smartphone juga muncul lokasi parkir, pengingat servis berkala, konsumsi bahan bakar, dan ketika terjadi malfungsi.

Mesin 1-silinder 155cc SOHC berteknologi VVA Yamaha Aerox Connected juga diadopsi dari Yamaha NMax. Karena itu ada perningkatan performa, meski tidak signifikan. Tenaganya naik dari 14,7 hp menjadi 15,1 hp, begitu pula dengan torsinya, menjadi 13,9 Nm dari 13,8 Nm.

2 dari 3 Halaman

 

Tapi, ada 1 fitur yang absen pada Yamaha Aerox Connected, yakni Traction Control System (TCS). Padahal, teknologi ini sangat berguna karena bisa engurangi potensi ban belakang selip saat berakselerasi di jalan yang cenderung licin.

Absennya TCS tak terlepas dari roda belakang Yamaha Aerox Connected yang masih menggunakan rem tromol. Pasalnya, fitur tersebut terkoneksi dengan sensor kecepatan yang biasanya tersemat di piringan cakram belakang.

3 dari 3 Halaman

Mudahnya, tidak ada komponen yang mengumpulkan data putaran roda belakang dan memprediksi bahwa motor akan kehilangan traksi. Ketika mendeteksi adanya kemungkinan tersebut, TCS akan langsung mengirim sinyal ke ECU.

Otomatis, ECU akan mengurangi tenaga yang dihasilkan mesin untuk menghindari selip. Selain itu, pertimbangan PT YIMM tidak menyematkan TCS ialah menjaga bobot Yamaha Aerox tetap ringan. Lantas, apakah fitur ini akan disematkan di penyegaran berikutnya? Kita tunggu saja.

BERI KOMENTAR