HOME » BERITA » TERNYATA INI ALASAN MESIN DIESEL TIDAK COCOK UNTUK SEPEDA MOTOR

Ternyata Ini Alasan Mesin Diesel Tidak Cocok untuk Sepeda Motor

Mesin diesel belum pernah ditemukan dipakai untuk sepeda motor. Taukah kamu apa alasannya?

Rabu, 24 April 2019 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ternyata Ini Alasan Mesin Diesel Tidak Cocok untuk Sepeda Motor
Ilustrasi (Rideapart)

OTOSIA.COM - Pernah bertanya-tanya soal sepeda motor yang hanya punya pilihan mesin bensin? Kenapa ya sepeda motor juga enggak punya pilihan mesin diesel seperti mobil?

Mesin diesel memang terkenal dengan ketangguhan dan konsumsi bahan bakar yang tak sebanyak mesin bensin. Tapi ada satu dua hal yang membuatnya tak cocok disematkan untuk sepeda motor.

Melansir Zing, mesin diesel punya banyak keterbatasan jika dipasang di sepeda motor. Pertama, soal ukuran dan volume mesinnya. Mesin bensin tak perlu menggunakan busi untuk membakar bahan bakar. Pembakaran akan terjadi dengan sendirinya ketika mencapai rasio kompresi tertentu.

Rasio kompresi mesin diesel bisa mencapai 24:1. Sedangkan rasio kompresi mesin bensin tertinggi hanya 14:1. Rasio kompresi yang tinggi artinya butuh ruang bakar yang besar.

Hal itu sebanding antara besar mesin dengan massa mesin. Selain itu juga, mesin diesel cukup bising dan memiliki getaran yang kencang jika dibandingkan denganmesin bensin, karena rasio kompresinya yang tinggi.

1 dari 1 Halaman

Getaran Mesin Diesel

Ternyata Ini Alasan Mesin Diesel Tidak Cocok untuk Sepeda MotorGetaran Mesin Diesel

Sepeda motor akan lebih nyaman dipakai jika getarannya tak terasa. Semakin halus getarannya, maka semakin nyaman digunakan bukan? Maka itu mesin diesel tak dipasang untuk sepeda motor.

Lagipula, mesin diesel juga memiliki emisi karbon yang kurang bagus untuk lingkungan. Tingkat polusinya bisa mencapai 13 persen dibandingkan dengan mesin bensin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selama menempuh perjalanan yang sama, sepeda motor menghasilkan lebih banyak CO2 (karbon dioksida) daripada mobil. Jadi, pemilihan mesin bensin pada sepeda motor adalah upaya untuk mengurangi pencemaran udara.

BERI KOMENTAR