HOME » BERITA » TERNYATA INI YANG BIKIN SUZUKI XL7 PUNYA HARGA MURAH

Ternyata Ini yang Bikin Suzuki XL7 Punya Harga Murah

Low SUV anyar ini punya banderol yang kempetitif dengan mobil lain di kelasnya. Kenapa XL7 bisa dijual murah?

Sabtu, 22 Februari 2020 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ternyata Ini yang Bikin Suzuki XL7 Punya Harga Murah
Suzuki XL7 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Pada akhir pekan lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan secara global Suzuki XL7 di Taman Mini, Jakarta (15/2). Low SUV anyar ini punya banderol yang kempetitif dengan mobil lain di kelasnya. Kenapa XL7 bisa dijual murah?

XL7 menemani SUV Suzuki yang terlebih dulu masuk pasar Tanah Air, seperti Suzuki Cross dan Jimny. Hanya saja kedua mobil tersebut berstatus CBU. Namun, berbeda halnya dengan XL7 yang akan diproduksi di pabrik Suzuki di Cikarang. Inilah salah satu sebab kenapa Suzuki bisa menjual XL7 dengan harga murah.

1 dari 3 Halaman

Suzuki XL7 punya banderol harga mulai dari Rp230 juta - Rp267 juta. Harga yang ditawarkan Suzuki ini cukup bersaing dengan Toyota Rush yang saat ini dijual mulai dari Rp251,65 juta - Rp273,05 juta, dan Mitsubishi Xpander Cross mulai Rp270,7 juta - Rp289,7 juta.

Bahkan harga XL7 sendiri bersaing dengan MPV Suzuki lainnya yaitu New Ertiga. Saat ini Ertiga dibanderol Rp205 juta sampai Rp249 juta, sedangkan Ertiga Suzuki Sport Rp250 juta - Rp260,5 juta.

XL7 memang memiliki 'wajah' yang berbeda dari Ertiga namun kedua produk ini sama-sama bisa mengangkut 7 penumpang. XL7 pertama kali diluncurkan oleh Suzuki Maruti India dengan sebutan XL6 karena mampu menampung 6 penumpang. Di India, XL6 punya basis dan merupakan tipe termahal keluarga Ertiga.

2 dari 3 Halaman

Spesifikasi Suzuki XL7

Suzuki XL7 dipersenjatai mesin yang sama dengan New Ertiga, yakni K15B berkapasitas 1.462 cc. ?Meski punya mesin sama, tapi ada perbedaan setup mesin dan beberapa komponen lain di dalamnya,? terang Dony Saputra, Marketing Director SIS.

Dony mengaku banyak perubahan yang terjadi pada XL7 meski pakai platform New Ertiga. ?Ada ratusan komponen, tepatnya 211 komponen yang berbeda antara XL7 dengan New Ertiga,? imbuhnya.

3 dari 3 Halaman

Suzuki XL7 memiliki dimensi sedikit lebih panjang dari Ertiga, yakni 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm. Didukung jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm dengan ground clearance setinggi 200 mm.

?Sebagai The New Extraordinary SUV, Suzuki XL7 memiliki tiga keunggulan utama yaitu eksterior yang tangguh, interior yang nyaman serta berbagai fitur yang canggih. Seluruh kelebihan itu membuat XL7 sebagai SUV 7-seater yang tangguh dengan tampilan yang lebih modern dan berkarakter,? terang Dony.

Lebih lanjut Dony mengatakan bahwa Suzuki XL7 bakal diproduksi di pabrik Suzuki Cikarang dengan target 2 ribu unit per bulan. ?Dengan harga dibawah Rp300 juta, XL7 siap berkompetisi dengan Low SUV lainnya,? pungkasnya.

BERI KOMENTAR