HOME » BERITA » TERNYATA MERCEDES-BENZ PERNAH MENGUJI KONTROL JOYSTICK SEBAGAI PENGGANTI LINGKAR KEMUDI

Ternyata Mercedes-Benz Pernah Menguji Kontrol Joystick sebagai Pengganti Lingkar Kemudi

Siapa sangka Mercedes-Benz pernah menguji coba joystick

Senin, 02 November 2020 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ternyata Mercedes-Benz Pernah Menguji Kontrol Joystick sebagai Pengganti Lingkar Kemudi
Joystick sebagai pengganti lingkar kemudi (Thedrive.com)

OTOSIA.COM - Untuk menggerakkan mobil, maka memerlukan lingkar kemudi dan pedal gas. Namun siapa sangka, ada ide jenius yang pernah dilakukan oleh Mercedes-Benz.

Pabrikan asal Jerman itu mengganti pedal gas dan lingkar kemudi dengan kontrol joystick. Hal itu diawali dari peluncuran konsep F200 Imagination yang dilengkapi dengan dua joystick sebagai pengganti dua komponen tadi.

1 dari 2 Halaman

Thedrive.com

Melansir The Drive, dua tahun kemudian konsep tersebut diwujudkan. Mobil Mercedes SL-Class 1998 diubah dengan dilengkapi sistem kontrol joystick.

Ada dua kontrol joystick yang ditempatkan di kedua sisi pengemudi mobil tersebut. Sehingga pengemudi terasa seperti sedang bermain video game atau menaiki pesawat terbang.

2 dari 2 Halaman

Thedrive.com

Secara teknis, pengemudi bisa menggunakan dua joystick sekaligus atau hanya satu saja. Cara kerjanya, dorong joystick ke depan untuk melaju, ke belakang untuk rem, kiri untuk belok kiri, dan kanan untuk ke kanan.

Tak hanya itu saja, joystick tersebut dilengkapi dengan sederet tombol untuk membunyikan klakson dan menyalakan lampu sein.

Perlu diketahui, saat ini mobil dengan dua joystick tersebut berada di Museum Mercedes-Benz di Stutgart, Jerman.

BERI KOMENTAR