HOME » BERITA » TERNYATA REM CAKRAM MOTOR ADA 3 JENIS, KENALI BEDANYA

Ternyata Rem Cakram Motor Ada 3 Jenis, Kenali Bedanya

Ada 3 jenis rem cakram motor. Lantas apa perbedaan ketiganya?

Sabtu, 29 Februari 2020 12:15 Editor : Cornelius Candra
Ternyata Rem Cakram Motor Ada 3 Jenis, Kenali Bedanya
Rem cakram (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Rem cakram saat ini sudah menjadi salah satu komponen wajib pada sepeda motor. Paling tidak, komponen tersebut terpasang di roda depan. Ternyata, rem cakram memiliki 3 jenis, yaitu fix, semi floating, dan floating. Lalu, apa perbedaannya dari ketiganya?

Dikutip Liputan6.com dari laman resmi Suzuki Indonesia, untuk yang pertama yaitu rem cakram jenis fix banyak digunakan motor dengan mesin kecil atau di bawah 150cc. Ciri rem cakram jenis ini, adalah langsung menyatu dengan pelek.

1 dari 2 Halaman

Berbicara harga, rem cakram fix ini yang termurah di antara lainnya, karena memang untuk motor ber cc kecil. Kegunaannya juga sangat baik di kondisi tertentu, tapi jika cakra ini terlalu panas akan menimbulkan sedikit masalah karena tidak dapat memuai atau mengambang.

Sedangkan yang kedua, yaitu rem cakram jenis semi floating biasa dipakai oleh motor cc besar skala 250cc ke atas. Jenis rem cakram ini berbeda dengan cakram Fix yang meyatu dengan velg, model semi floating antara cakram dan dudukannya terpisah dengan pelek jadi bagian luarnya menjadi mengambang.

2 dari 2 Halaman

Terakhir jenis cakram floating, yang pada umumnya di gunakan untuk kepentingan balap. Komponennya terdiri dari rotor carrier, float buttons dan brake rotor.

Dengan komposisi tersebut, desain floating seperti ini berguna untuk mencegah cakram tidak penyok saat ada gesekan yang menimbulkan suhu panas yang tinggi, dan saat proses pengereman dalam intensitas yang tinggi.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR