HOME » BERITA » TERNYATA SALAH JIKA RAWAT MOBIL MANGKRAK SEPERTI INI

Ternyata Salah Jika Rawat Mobil Mangkrak Seperti Ini

Merawat mobil di rumah saat pandemi corona merupakan aktivitas positif sepanjang dilakukan dengan benar dan tidak membahayakan.

Jum'at, 15 Mei 2020 21:15 Editor : Nazarudin Ray
Ternyata Salah Jika Rawat Mobil Mangkrak Seperti Ini
Ilustrasi mobil mangkrak di garasi (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Meski kendaraan yang kita miliki saat ini sedang berdiam lama di rumah akibat pandemi corona COVID-19, namun disarankan untuk selalu dirawat dan diperhatikan agar tetap maksimal dan mumpuni saat akan digunakan kembali.

"Mobil yang lama tidak digunakan juga perlu perhatian ekstra dari pemiliknya. Mesin mobil harus selalu dipanaskan minimal 3 kali sehari. Disarankan tidak hanya dipanaskan di tempat saja, akan lebih baik jika mobil pun dijalankan agar semua roda-roda penggerak bisa berjalan maksimal," terang Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat digital press conference kemarin (14/5)

1 dari 2 Halaman

Namun, kata Budi, mobil yang lama tidak dipakai tidak sekadar dipanaskan. Pasalnya ada beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan si pemilik mobil yang ternyata salah dan dapat berbahaya bagi dirinya maupun orang lain.

Misalnya kata Budi, memanaskan mobil di dalam garasi dengan ujung knalpot menghadap ke dalam rumah. Asap knalpot yang mengandung racun akan mengganggu dan menimbulkan penyakit gangguan saluran pernapasan atau ISPA.

Untuk itu Budi menyarankan agar memanaskan mesin mobil di luar rumah atau tempat terbuka. ?Parkirkan mobil di tempat terbuka sebelum mesin mobil dipanaskan. Cari tempat atau jalanan yang rata. Perhatikan posisi gigi transmisi sebelum mesin dihidupkan,? tambahnya.

2 dari 2 Halaman

Kesalahan lainnya adalah membiarkan mobil terparkir lama di garasi sehingga tekanan angin pada seluruh ban cenderung berkurang. Untuk itu, agar tekanan angin keempat ban mobil yang lama tidak digunakan tetap stabil, parkir mobil di tempat yang rata dengan menggantung keempat bannya menggunakan stand jack atau dongkrak. Sebelumnya, cek atau tambahkan tekanan angin pada seluruh ban.

Terkadang, pemilik mobil yang mendiamkan mobilnya berlama-lama di rumah kerap tidak mengisi bahan bakar hingga full. Jika hal ini terjadi akan mengakibatkan kondensasi sehingga bahan bakar tercampur dengan uap air dan mengakibatkan mesin mobil susah dihidupkan.

Saat mobil berdiam lama di rumah, Budi juga menyarankan untuk selalu memperhatikan posisi gigi transmisi saat parkir di garasi. Saat keempat digantung dengan dongkrak, jangan gunakan rem tangan atau transmisi pada posisi P untuk mobil matik. Hal ini untuk menghindari macetnya kampas rem saat digunakan karena lengket pada teromol.

BERI KOMENTAR