HOME » BERITA » TERNYATA, SERING BUKA-TUTUP SPION OTOMATIS SECARA MANUAL MALAH BIKIN RUSAK

Ternyata, Sering Buka-Tutup Spion Otomatis Secara Manual Malah Bikin Rusak

Daun spion dengan fitur retractable mirror atau spion elektrik ada baiknya tak dibuka-tutup secara manual. Sebab, perilaku itu bisa membuat motor elektrik spion rusak.

Jum'at, 02 Agustus 2019 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ternyata, Sering Buka-Tutup Spion Otomatis Secara Manual Malah Bikin Rusak
Ilustrasi spion mobil (kbayscience.org)

OTOSIA.COM - Fitur retractable mirror alias spion elektrik hampir ada di mobil-mobil kekinian. Fitur ini memungkinkan spion mobil membuka dan menutup secara otomatis.

Lalu jika dibuka-tutup secara manual, bagaimana?

Melansir laman Auto2000, jika terlalu sering melakukan hal tersebut, maka akan berdampak negatif pada mtoor spion elektrik. Alhasil sepion akan cepat rusak.

"Seharusnya dibuka atau ditutup secara otomatis, kalau sesekali tidak masalah. Tetapi , jangan terlalu sering karena efeknya sangat buruk sekali," ujar Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, Suparna.

1 dari 2 Halaman

Jangan Diservis

Ternyata, Sering Buka-Tutup Spion Otomatis Secara Manual Malah Bikin RusakJangan Diservis

Suparna melanjutkan, apabila sudah rusak atau macet, tidak disarankan untuk diservis. Sebab dalam jangka waktu beberapa waktu kemudian, spion akan rusak lagi.

Jadi, jika hal itu terjadi lebih baik membawa mobil ke bengkel resmi, untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari mekanik.

2 dari 2 Halaman

Bisa Lebih 5 Tahun

Ternyata, Sering Buka-Tutup Spion Otomatis Secara Manual Malah Bikin RusakBisa Lebih 5 Tahun

Biasanya kalau normal umurnya cukup panjang, bisa di atas lima tahunan. Asalkan jangan terlalu sering membuak-tutup daun atau telinga spion secara manual, tambah Suparna.

Suparna menyarankan, pemilik mobil harus disiplin menutup dan membuka spion memakai tombil. Tujuannya, agar menjaga motor penggerak spion itu tetap optimal. Biasanya, kendaraan dengan fitur tersebut memang berada di varian kelas menengah ke atas. 

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR