HOME » BERITA » TERNYATA SUNSCREEN DAN HAND SANITIZER MEMILIKI EFEK TAK BAGUS BUAT MOBIL

Ternyata Sunscreen dan Hand Sanitizer Memiliki Efek Tak Bagus Buat Mobil

Hand sanitizer dan sunscreen memang bagus untuk kesehatan. Tapi rupanya dua bahan itu punya efek yang tak bagus untuk mobil.

Sabtu, 15 Juni 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ternyata Sunscreen dan Hand Sanitizer Memiliki Efek Tak Bagus Buat Mobil
Setir mobil menjadi salah satu komponen yang sering bersentuhan dengan tangan (dessertautorepair.com)

OTOSIA.COM - Hand sanitizer dan sunscreen memang bagus untuk kesehatan. Tapi rupanya dua bahan itu punya efek yang tak bagus untuk mobil.

Sebab, melansir Carscoops, bahan kimia yang ditemukan dalam produk-produk tersebut bisa bereaksei dengan permukaan pelapis komponen mobil. Sehingga bisa menyebabkan aus sebelum waktunya, kecuali memiliki pelindung khusus.

"Dari pembersih tangan, lotion hingga lotion anti serangga, biasa dipakai oleh pengendara. Bahkan ptoduk yang kelihatannya ta berbahaya bisa menyebabkan masalah ketika bersentuhan dengan permukaan bahan lain, selama ratusan bahkan ribuan kali setahun," ujar salah seorang engineer Ford.

1 dari 1 Halaman

Cara Mencegah

Ternyata Sunscreen dan Hand Sanitizer Memiliki Efek Tak Bagus Buat MobilCara Mencegah

Penelitian menunjukkan bahwa di pasar Eropa, pembersih tangan, termasuk gel, busa, dan wiper mengandung etanol. Diperkirakan penggunaan akan naik 60 persen pada tahun 2024.

Lalu ada lotion yang mengandung titanium oksida dalam jumlah lebih besar, yang bisa bereaksi dengan plastik dan minyak alami pada kulit, terutama ketika suhu panas.

Perlu dicatat adalah supaya tak terjadi reaksi kimia, ada baiknya bahwa beberapa komponen yang bersentuhan langsung dengan tangan diberi pelindung tambahan.

 

BERI KOMENTAR