HOME » BERITA » TERNYATA, TAK SEMUA HELM BISA DICUCI PAKAI SABUN

Ternyata, Tak Semua Helm Bisa Dicuci Pakai Sabun

Selasa, 08 Mei 2018 08:45

Ternyata, Tak Semua Helm Bisa Dicuci Pakai Sabun
Foto by Nazar Ray
Editor : Dini Arining Tyas | Reporter : Nazzarudin Ray

Otosia.com - Helm bermerek kadang membuat pemiliknya begitu merawatnya. Misalnya, sesudah touring atau setelah beberapa kali jalan-jalan atau kopdar, pemakai langsung mencucinya menggunakan sabun.

Rupanya, sabun bukan sesuatu yang baik buat helm. Tidak semua bagian pada pelindung kepala ini bisa menerima zat kimia pembersih tersebut.

Foto by Nazar Ray

Irwan, Technical Support Deride, gerai perlengkapan sepeda motor premium asal Italia mengatakan bahwa visor atau kaca adalah pengecualian.

"Untuk visor itu sebenarnya tidak dianjurkan dengan caiaran sabun. Cukup dikucurkan di air mengalir. Sudah begitu saja," kata dia.

Kenapa visor tidak boleh dibersihkan menggunakan cairan kimia? Ia mengatakan bahwa cairan tersebut bisa berpengaruh pada lapisan yang tidak kasatmata di visor (hard coating). Lapisan ini biasanya ada pada helm-helm branded atau berharga jutaan.

Foto by Nazar Ray

"Soalnya ada lapisan tipis (penghilang embun). Deterjen dapat mengelupas lapisan tipisnya itu, apalagi kalau sudah lecet. Kemudian visornya juga bisa cepat buram," kata dia.

Namun di luar itu, bagian helm lainnya bisa dibersihkan dengan lap khusus mikrofiber.

"Perawatan selanjutnya misalnya kotor. Misalnya ada debu yang agak kasar, hilangkan pakai microfiber," ujarnya.

 (kpl/nzr/tys)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER