HOME » BERITA » TERNYATA, TAK SEMUA NEGARA BAGIAN DI AMERIKA SERIKAT MEWAJIBKAN PENGENDARA SEPEDA MOTOR MEMAKAI HELM

Ternyata, Tak Semua Negara Bagian di Amerika Serikat Mewajibkan Pengendara Sepeda Motor Memakai Helm

Tak semua negara bagian di Amerika Serikat menerapkan aturan mengenakan helm untuk semua yang mengendarai sepeda motor. Lebih dari setengah jumlah negara bagian AS, hanya memberlakukan penggunaan helm untuk kelompok usia tertentu.

Rabu, 22 Juli 2020 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ternyata, Tak Semua Negara Bagian di Amerika Serikat Mewajibkan Pengendara Sepeda Motor Memakai Helm
Ilustrasi mengendarai sepeda motor (Rideapart)

OTOSIA.COM - Di Indonesia siapapun yang mengendarai sepeda motor, baik pengemudi maupun penumpang wajib hukumnya mengenakan helm. Meskipun jarak tempuhnya pendek, helm wajib dipakai.

Tapi rupanya aturan tersebut berebeda dengan di Amerika Serikat. Tak semua negara bagian di negeri Paman Sam mewajibkan pengendara memakai helm.

Dilansir dari Visordown, hanya beberapa kalangan saja yang diwajibkan. Seperti di Missouri, mulai 28 Agustus 2020 mendatang hanya kelompok usia tertentu yang wajib memakai helm.

1 dari 1 Halaman

Visordown

Menurut aturan, selama pengendara memiliki tingkat asuransi kesehatan yang sesuai dan berusia lebih dari 26 tahun, maka mereka tak wajib memakai helm. Pencabutan aturan pemakaian helm di Missouri itu bukan hal baru, sebelumnya Nebraska juga melakukan hal yang sama tapi gagal.

Dengan aturan baru Missouri itu, kini hanya ada 19 negara bagian di Amerika Serikat yang mewajibkan semua pengendara sepeda motor memakai helm. 

Sembilan belas negara bagian itu antara lain, Alabama, California, District of Columbia, Georgia, Louisiana, Maryland, Massachusetts, Mississippi, Nebraksa, Nevada, New Jersey, New York, North Carolina, Oregon, Tennessee, Vermont, Virginia, Wahington, dan West Virginia.

BERI KOMENTAR