HOME » BERITA » TERNYATA TAYCAN BUKAN MOBIL LISTRIK PERTAMA PORSCHE

Ternyata Taycan Bukan Mobil Listrik Pertama Porsche

Porsche Taycan bukanlah mobil listrik yang benar-benar pertama dari Porsche.

Selasa, 10 September 2019 13:45 Editor : Cornelius Candra
Ternyata Taycan Bukan Mobil Listrik Pertama Porsche
Porshce P1, mobil listrik pertama Porsche (Youtube.com/ motorTVee)

OTOSIA.COM - Pekan lalu, Porsche secara resmi merilis Porsche Taycan. Mobil listrik super kencang itu melakoni debutnya di Frankfurt Motor Show (2019).

Ternyata, Porsche Taycan adalah mobil listrik produksi massal pertama Porsche, namun bukan yang benar-benar pertama. Bahkan, mengutip dari Topspeed.com, pabrikan asal Jerman itu telah memilikinya sejak 100 tahun lalu.

Ferdinand Porsche, pendiri Porsche, ternyata pernah membuat sebuah mobil listrik bernama P1 pada tahun 1890-an. Kala itu, usianya masih sangat muda, 23 tahun.

Seperti kebanyakan mobil di masanya, P1 terbuat dari kayu. Penggeraknya tentu motor listrik bertenaga baterai keluaran Tudor Batteris, perusahaan yang masih eksis sampai sekarang di bawah Exide Technologies.

1 dari 1 Halaman

Sempat Hilang

Ternyata Taycan Bukan Mobil Listrik Pertama PorscheSempat Hilang

Motor listrik tersebut menghasilkan tenaga sebesar 3 hp, maksimal 5 hp untuk beberapa saat. Memang tak istimewa, tapi cukup untuk membuat P1 melaju dengan kecepatan maksimum 35,4 km/jam.

Tenaganya disalurkan ke roda melalui transmisi rumit 12-speed. Secara rinci, 6-speed digunakan saat maju, 2 untuk mundur, dan 4 sisanya bertindak sebagai rem. Baterainya mampu menempuh kurang lebih 79 km dalam waktu 4-5 jam, tergantung kondisi jalan.

/

Menariknya, Ferdinand Porsche pernah mengendarai P1 dalam ajang balap jalanan di Jerman tahun 1899. Tak sia-sia, ia memenangi gelaran tersebut dengan keunggulan waktu 18 menit dari posisi kedua.

P1 sempat hilang pada tahun 1902. Setelah 112 tahun, mobil listrik ini ditemukan dalam sebuah gudang di Austria. Motor listriknya masih ada, namun baterai dan joknya hilang. Kini, P1 terpajang rapi di Museum Porsche di Stuttgart, Jerman.

BERI KOMENTAR