HOME » BERITA » TERNYATA, TOP SPEED PADA SPEEDOMETER MOBIL HANYA SEBAGAI REFERENSI LHO

Ternyata, Top Speed pada Speedometer Mobil Hanya Sebagai Referensi Lho

Pada speedometer mobil terlihat angka kecepatan maksimum mobil. Tapi ternyata itu hanyalah sebagai referensi, mengapa begitu?

Sabtu, 18 Mei 2019 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi speedometer mobil (blackrivertechnologies)

OTOSIA.COM - Saat mengendarai mobil, pada speedometer terlihat beberapa angka kecepatan. Mulai 0 km/jam hingga kecepatan puncak tergantung pada masing-masing pabrikan.

Biasanya pada mobil-mobil harian, kecepatan maksimum yang tertera pada speedometer mencapai 200 km/jam atau 260 km/jam. Sedangkan untuk mobil sport bisa mencapai 290 km/jam atau 320 km/jam.

Tapi rupanya angka tersebut hanya sebagai referensi saja, bukan angka real. Benarkah?

Melansir Zing, mantan mechanical engineer General Motors, Vink B Quan mengatakan bahwa pabrikan biasanya memperhitungkan keamanan dan daya tahan sebelum menetapkan batas kecepatan untuk setiap kendaraan.

Mobil tidak bisa mencapai kecepatan maksimum seperti pada speedometer, bukan karena itu adalah bukan mobil balap. Mobil juga tak bisa berjalan lebih cepat dari kecepatan yang sudah dibatasi, kecuali putaran mesin selalu mencapai 9.000 rpm.

Jika hal itu terjadi, mesin bisa meledak dan rusak parah. Contohnya, mobil dengan kecepatan maksimum 225 km/jam, sebenarnya hanya bisa menempuh 145 km/jam atau 160 km/jam. Mobil tak akan bisa mencapai 225 km/jam tak peduli seberapa kuat pengemudi menginjak pedal gas.

"Singkatnya, kecepatan maksimum yang terekam pada speedometer mobil hanya untuk referensi," ujarnya menjawab pertanyaan Zing.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR