HOME » BERITA » TERPAPAR VIRUS CORONA, BAGAIMANA NASIB INDUSTRI OTOMOTIF INDONESIA?

Terpapar Virus Corona, Bagaimana Nasib Industri Otomotif Indonesia?

Indonesia menjadi salah satu negara yang terpapar virus corona. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu industri otomotif nasional

Kamis, 05 Maret 2020 13:30 Editor : Nazarudin Ray
Terpapar Virus Corona, Bagaimana Nasib Industri Otomotif Indonesia?
Pameran GIICOMVEC 2020 (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Meski Indonesia sudah menjadi salah satu negara yang terpapar virus corona, namun pemerintah masih terus berusaha meningkatkan industri di sektor otomotif.

Optimisme manufaktur sektor otomotif dengan mengesampingkan wabah corona, terlihat pada Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang dibuka pagi tadi (5/3) di Hall A dan B JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

"Momentum penyelenggaraan ini sangat baik, secara kebetulan dunia sedang menghadapi tekanan ekonomi yang besar, ditambah wabah corona," ujar Agus Gumiwang, Menteri Perindustrian RI.

1 dari 2 Halaman

Namun Agus meminta tidak mendikotomikan antara corona dengan membangun industri. ?Kita sedang terus membangun ekonomi nasional melalui manufaktur sektor otomotif. Upaya membangun ekonomi juga tidak boleh tersandera,? tambah Agus.

Industri otomotif nasional memiliki kontribusi yang besar, melalui peningkatan ekspor luar negeri. Kinerja ekspor juga menunjukan trend yang positif, mulai dari ekspor CBU maupun CKD. Saat ini produksi kendaraan komersial tercatat ada bus dan pikap yang mencapai 214 ribu unit.

Diharapkan tahun 2024 ekspor kendaraan dari Indonesia ke berbagai negara di dunia bisa mencapai 1 juta unit. Pemerintah berkomitmen memperkuat basis industri otomotif di Indonesia. Dan tentunya, pemerintah akan mengawal dan berjalan bersama dengan swasta untuk mencari jalan keluar agar industri bisa mencapai target.

2 dari 2 Halaman

Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 diikuti lebih dari 40 merek, dan industri otomotif indonesia untuk mendukung industri dalam negeri.

Ajang ini juga menjadi tuan rumah peluncuran kendaraan-kendaraan komersial terbaru dari industri otomotif Indonesia, seperti DFSK, HINO, Mitsubishi Fuso, dan Suzuki.

Pameran ini juga siap menghadirkan pilihan solusi transportasi dari merek-merek terbaik industri kendaraan komersial seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, dan United Tractors.

BERI KOMENTAR