HOME » BERITA » TERUNGKAP ALASAN MPV DAIHATSU XENIA KEOK SELAMA 2019

Terungkap Alasan MPV Daihatsu Xenia Keok selama 2019

Penjualan Dahatsu Xenia merosot tak seperti sebelum-sebelumnya. Rupanya ada beberapa alasan mengapa penjualan Xenia turun

Kamis, 09 Januari 2020 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Terungkap Alasan MPV Daihatsu Xenia Keok selama 2019
Daihatsu Xenia Sport (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - penjualan MPV andalan Daiahtsu, Xenia tak seprima sebelumnya. PT Astra Daihatsu Motor sendiri mengakui hal tersebut. Pasalnya, persaingan pasar low MPV di tanah air memang ketat.

Menurunnya penjualan Xenia itu rupanya tak hanya sekadar urusan rivalitas. Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengutarakan alasan keoknya penjualan Xenia selama 2019.

"Kok bisa ya Xenia turunnya drop banyak sekali? Pabrik Daihatsu sudah over capacity sehingga permintaan ekspor luar biasa harus disiasati. Akhirnya kami prioritaskan ekspor karena kami baru luncurkan Terios tahun lalu naiknya luar biasa," jelasnya.

1 dari 2 Halaman

Alasan lainnya adalah soal prioritas. Daihatsu mencoba bisa mencapai posisi nomor 2 dengan beralih mengandalkanSigra.

"Sigra itu di saat LCGC turun, Sigra justru naik. Ini kenapa Sigra naiknya luar biasa. Sigra adalah unit yang bisa dibuat di Karawang, dan kapasitas produksi masih cukup," ujarnya.

Lalu, alasan ketiga berkaitan dengan Toyota. Seperti diketahui, selama ini Toyota memesan produksi sejumlah mobil di Daihatsu.

2 dari 2 Halaman

Salah satunya adalah Avanza. Dalam hal ini, Daihatsu memutuskan mana yang diprioritaskan selain melihat kondisi persaingan di kelas low MPV.

"Kompetisi di sana sangat ketat, Namun Avanza kami percaya masih bisa nomor satu oleh karena itu prioritas harus diberikan sama Avanza," tandasnya.

BERI KOMENTAR