HOME » BERITA » TERUNGKAP, INI PENJELASAN OLI BEKAS BERWARNA HITAM

Terungkap, Ini Penjelasan Oli Bekas Berwarna Hitam

Oli bekas memiliki warna hitam atau kecoklatan. Rupanya hal tersebut lantaran oli tak hanya sekadar sebagai pelumas mesin.

Rabu, 04 Maret 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Terungkap, Ini Penjelasan Oli Bekas Berwarna Hitam
Oli bekas (Federal Oil)

OTOSIA.COM - Oli yang belum terpakai memiliki warna yang bening. Cairan penting untuk kendaraan itu memiliki fungsi vital untuk kendaraan bermotor.

Maka itu, oli wajib diganti secara berkala. Nah saat mengganti oli, oli yang ada di dalam kendaraan harus dikeluarkan terlebih dahulu.

Oli yang semula berwarna bening itu pun akan menghitam. Mengapa begitu?

Melansir laman resmi Federal Oil, ketika oli dimasukan, dan mesin menyala, akan menimbulkan panas karena proses pembakaran dan gesekan atar logam yang ada di dalam mesin.

Karena panas dan gesekan dari mesin berlangsung cukup lama, lama kelamaan oli yang tadinya berwarna kekuningan akan berubah menjadi hitam. Perubahan warna oli yang menjadi hitam pekat hal tersebut menandakan, oli mampu bekerja secara maksimal.

1 dari 1 Halaman

Karena fungsi oli selain untuk melumasi juga berfungsi untuk membersihkan bagian mesin hingga ke celah terkecil dan juga untuk mendinginkan mesin.

Sementara itu, bagi pemilik jangan sampai salah saat mengganti oli, karena mobil akan terasa tidak bertenaga. Bahkan, dalam jangka waktu panjang, bisa merusak berbagai komponen mesin.

Sejatinya, bisa diperhatikan setiap oli mesin memiliki beragam kode di kemasannya, dan ini sebagai petunjuk digunakan untuk mobil dengan teknologi mesin apa.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR