HOME » BERITA » TERUNGKAP KEUNTUNGAN TESLA BUKAN DARI JUALAN MOBIL LISTRIK

Terungkap Keuntungan Tesla Bukan dari Jualan Mobil Listrik

Pada 2020, harga saham Tesla menanjak drastis dan membuat Tesla meraup banyak keuntungan. Tapi itu bukanlah hal utama yang membuat Tesla mendapatkan keuntungan.

Rabu, 03 Februari 2021 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Terungkap Keuntungan Tesla Bukan dari Jualan Mobil Listrik
Tesla Model 3 (Carbuzz)

OTOSIA.COM - Meski pada dasarnya Tesla adalah pabrikan otomotif dengan produk mobil listrik, rupanya penjualan mobil bukanlah hal utama yang membuat Tesla untung. Bahkan dengan menghadirkan mobil baru dengan harga ebih murah atau memotong biaya, tetap tidak memberikan keuntungan yang signifikan.

Pada 2020 lalu, saham Tesla terus meroket, sehingga memberikan keuntungan tersendiri bagi Tesla. Tapi hal ini juga bukan faktor utama mengapa Tesla bisa untung.

Dilansir dari Carscoops, keuntungan Tesla justru dari pabrikan pesaing mereka. Begini gambarannya. Meningkatnya keprihatinan tentang emisi karbon di tengah masyarakat, membuat mereka lebih tertarik dengan mobil yang lebih ramah lingkungan.

1 dari 2 Halaman

Di Amerika saja, ada 11 negara bagian yang mewajibkan produsen mobil untuk memenuhi memenuhi aturan emisi yang baru. Sehingga mendorong produsen mobil untuk menjual lebih banyak kendaraan ramah lingkungan.

Nah, jika mereka tidak bisa menciptakannya sendiri maka mereka bisa membeli kredit regulasi dari pabrikan mobil lain. Karena Tesla adalah spesialis mobil listrik dan tak menjual selain mobil listrik, hal itu menjadi poin plus bagi mereka.

2 dari 2 Halaman

Kredit regulasi gas rumah kaca itu kemudian dijual kepada pabrikan mobil yang juga merupakan saingannya, dengan keuntungan 100 persen. Tesla sudah menghasilkan USD 3,3 miliar dari kredit tersebut selama tiga tahun terakhir.

Sepanjang tahun 2020, Tesla berhasil meraup USD 1,6 miliar, atau hampir setengahnya dari total pendapatan. Chief Financial Officer Tesla, Zackary Kirkhom mengakui bahw apenjualan semacam itu bukan hal yang berkelanjutan bisa dipakai Tesla untuk dasar bisnis mereka. Tapi tanpa penjualan kredit, Tesla justru akan membukukan kerugian untuk tahun 2020.

BERI KOMENTAR