HOME » BERITA » TERUNGKAP PENYEBAB VALENTINO ROSSI BATAL PENSIUN 7 TAHUN LALU

Terungkap Penyebab Valentino Rossi Batal Pensiun 7 Tahun Lalu

Tahun 2013 lalu, Valentino Rossi nyaris saja memutuskan pensiun dari MotoGP. Tapi keputusannya itu berubah usai Lin Jarvis menawarkan bergabung dengan Yamaha kembali.

Jum'at, 04 Desember 2020 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Terungkap Penyebab Valentino Rossi Batal Pensiun 7 Tahun Lalu
Valentino Rossi (Motogp)

OTOSIA.COM - Selain bersama Yamaha, Valentino Rossi pernah berama Honda dan Ducati saat balap MotoGP. Sayangnya, saat bersama Ducati Corse tahun 2011 dan 2012, Rossi hanya bisa meraih satu kali podium selama dua musim.

Padaal, Rossi berharap banyak dengan Ducati. Tim asal Italia itu menjadi pabrikan berikutnya bagi Rossi yang sebelumnya tampil bersama Yamaha.

Alhasil, capaian itu membuatnya frustasi. Kala itu, dia berencana akan pensiun dari MotoGP pada 2013. Tapi hal itu batal, lantaran Yamaha memberikan tawaran untuknya.

1 dari 3 Halaman

Bos Yamaha, Lin Jarvis berhasil menyelamatkan masa depan Rossi. Dia memberi tawaran pada Rossi untuk kembali hingga akhirnya selesai pada 2020.

Musim depan, Rossi akan membela Petronas Yamaha yang merupakan tim satelit.

2 dari 3 Halaman

Memori Terindah

Terungkap Penyebab Valentino Rossi Batal Pensiun 7 Tahun LaluMemori Terindah

Rossi mengaku memori terindahnya di MotoGP terjadi pada 2013. Saat itu, dia mendapatkan tawaran kembali ke Yamaha.

"Banyak memori indah. Sejak 2004, kami membawa tim dan kepala kru Jeremy Burgess kerja dengan Masao Furusawa. Tapi hal paling saya ingat saat Lin Jarvis bilang memberi saya kesempatan kembali," ujar Rossi.

"Karena itu, saya selalu berterimakasih kepadanya dan seluruh Yamaha. Soalnya saat itu saya putus asa, mungkin kalau tak ke Yamaha saya bahkan sudah berhenti balapan."

3 dari 3 Halaman

Saingan Lorenzo

Kehadiran Rossi membuatnya kembali bersaing dengan Jorge Lorenzo. Saat itu persaingan meruncing di 2015 saat dia sikut-sikutan dengan Lorenzo dalam perebutan gelar juara MotoGP.

Kemenangan terakhir Valentino Rossi terjadi MotoGP Belanda pada 2017. Sejak saat itu dia sulit bersaing dan musim ini lebih banyak insiden.

Meski buruk, Rossi tetap menyenangi satu-satunya podium yang diraih di MotoGP Misano. Dia berhasil merebut podium tiga di belakang Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia. 

"Saat itu Luca Marini dan Marco Bezzecchi juga finis satu dan dua di Moto2, jadi itu hari yang bagus buat akademi," ujarnya.

Penulis: Defri Saefullah 

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR