HOME » BERITA » TERUS MENUNDA DAN MELARANG INDEN, PEMINAT NINJA ZX-25R BERPALING KE CBR?

Terus Menunda dan Melarang Inden, Peminat Ninja ZX-25R Berpaling ke CBR?

Kawasaki Indonesia yang terus menunda peluncuran dan melarang inden Ninza ZX-25R dapat membuat calon konsumen lari ke merek lain.

Selasa, 16 Juni 2020 12:15 Editor : Nazarudin Ray
Terus Menunda dan Melarang Inden, Peminat Ninja ZX-25R Berpaling ke CBR?
Ninja ZX-25R tampil perdana di Tokyo Motor Show 2019 (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Sejak kemunculannya di Tokyo Motor Show Oktober tahun lalu, Kawasaki Ninja ZX-25R sempat menjadi buah bibir di kalangan bikers. Pasalnya Kawasaki menjadi pabrikan pertama di era milenial yang merilis motor sport 250cc dengan empat silinder. Harga pun digadang-gadang menembus Rp100 juta.

Namun, dari yang rencananya pada April 2020, Ninja ZX-25R batal diluncurkan secara resmi di Indonesia akibat pandemi corona COVID-19.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) terus menunda-nunda peluncuran hingga kini. Dealer pun dilarang membuka inden atau Purchase Order (PO) sebelum motor resmi diluncurkan. Sebagai gantinya KMI menampilkan video Ninja ZX-25R dalam tiga versi modifikasi dan pengetesan di sirkuit Sentul melalui saluran Youtube.

1 dari 2 Halaman

Menurut Ronald Sinaga, pemilik gerai DuniaMotor yang juga menjual sepeda motor brand Kawasaki, peluncuran yang terus molor, ditambah sikap kaku dan penegasan resmi KMI tidak membuka inden, dapat membuat calon konsumen yang awalnya bernafsu ingin memiliki, merasa bosan dan tidak berminat lagi.

"Sudah kelamaan, momennya sudah hilang. KMI salah terus menahan-nahan peluncuran," kata pehobi moge yang akrab disapa Bro Ron.

Dengan membuka inden, katanya, justru akan ada semacam ikatan batin yang membuat konsumen rela menunggu karena sudah keluar uang.

"(konsumen mau PO) malah dilarang dan diumumin terbuka. Dengan PO, orang akan terikat. Ini orang mau 'diikat', kasih DP tidak diterima. Salah itu. Padahal Kawasaki itu nyawanya para bengkel atau toko aksesoris 250cc. Beberapa dealer juga kesal, tapi tidak berani buka-bukaan," katanya.

2 dari 2 Halaman

Bukan tidak mungkin, calon konsumen yang tadinya berniat meminang Ninja ZX-25R akan menunda dan beralih ke Honda CBR 250cc 4 silinder yang kini kabarnya tengah disiapkan Honda sebagai penantang berat Ninja ZX-25R.

"Kalau dilihat modelnya, lebih cakep Honda CBR 250 dengan 4 silinder jadinya. Mungkin calon konsumen akan bilang begini, Kawasaki tidak jelas, nunggu Honda aja dulu deh," tukasnya.

Kawasaki Indonesia dikabarkan sudah mulai memproduksi Ninja ZX-25R. Selain untuk pasar dalam negeri, Ninja ZX-25R juga akan diekspor ke Selandia Baru. Di negeri Kiwi ini, Ninja ZX-25R dijual NZD15.990 atau sekitar Rp 146,4 juta.

BERI KOMENTAR