HOME » BERITA » TESLA MODEL 3 RESMI JADI ARMADA TAKSI KUNING LISTRIK PERTAMA DI NEW YORK

Tesla Model 3 Resmi Jadi Armada Taksi Kuning Listrik Pertama di New York

Tesla Model 3 baru saja disetujui menjadi armada taksi kuning di New York. Sebelumna, beberapa negara sudah lebih dulu menggunakan Tesla sebagai armada taksinya, termasuk Indonesia.

Rabu, 30 Oktober 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Tesla Model 3 Resmi Jadi Armada Taksi Kuning Listrik Pertama di New York
Tesla Model 3 (Topspeed)

OTOSIA.COM - Taksi yang akan mondar-mandir di jalanan kota New York bisa jadi mobil listrik. Sebab, Raxi & Limousine Commission setempat sudah menyetujui Tesla Model 3 menjadi armada taksi kuning, seperi diberitakan Electrek.

Press Deputy Taxi & Limousine Commission, Allan Fromberg pun mengonfirmasi hal tersebut. "Tesla Model 3 memang telah disetujui untuk dipakai sebagai NYC Taxicab," katanya, kepada Carscoops.

1 dari 3 Halaman

Jadi Satu-Satunya

Tesla Model 3 Resmi Jadi Armada Taksi Kuning Listrik Pertama di New YorkJadi Satu-Satunya

Dengan begitu, Model 3 adalah satu-satunya kendaraan listrik yang disetujui. Tesla Model 3 akan bergabung dengan mobil ramah lingkungan lainnya, seperti Chevrolet Malibu Hybrid, Chrysler Pacifica Hybrid, Ford Fusion hybrid, dan Hyundai Sonata Hybrid.

Model hybrid lainnya yang disetujui adalah Lincoln MKZ dan Lexus RX 450h, serta beberapa kendaran Toyota seperti Avalon, Camry, Prius, Highlander, dan RAV4.

2 dari 3 Halaman

Sudah Dipakai Beberapa Negara

Tesla Model 3 Resmi Jadi Armada Taksi Kuning Listrik Pertama di New YorkSudah Dipakai Beberapa Negara

Sebelumnya, di Belanda, Tesla juga dipakai menjadi armada Taksi sejak 2017 lalu. Pada tahun yang sama, Dubai juga mengutarakan rencananya untuk memakai 200 unit Tesla sebagai Taksi.

Beberapa waktu lalu, pada bulan April Indonesia juga sempat memakai Tesla sebagai taksi listrik premium di bawah naungan Blue Bird.

3 dari 3 Halaman

E-Taksi Indonesia

Tesla Model 3 Resmi Jadi Armada Taksi Kuning Listrik Pertama di New YorkE-Taksi Indonesia

Demam kendaraan listrik sudah tertular ke transportasi umum. Bahkan taksi kini juga menjadikan mobil listrik sebagai armadanya.

Jika Bluebird memakai mobil listrik pabrikan China, BYD, maka untuk kelas premiumnya, Silverbird memakai Tesla Model X. Sebagai awalan, sudah ada 4 unit Tesla Model X 75D A/Tyang dioperasikan.

"Kami sangat bangga menjadi pionir dalam menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan transportasi terbesar yang telah melayani masyarakat Indonesia lebih dari 46 tahun. Bluebird terus melakukan terobosan baru. Sehingga Bluebird dapat menjadi penyelenggara angkutan taksi terdepan di Indonesia," ujar Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo di Jakarta, Senin (22/4/2019), disitat dari OTO.com.

Bluebird berencana mengoperasikan 200 unit mobil listrik hingga 2020. Jumlah itu diperkirakan bisa memangkas 434,095 kilogram emisi karbon dioksida dan konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 litrt.

Jumlah armada itu akan terus ditambah hingga tahun 2025, targetnya sebanyak 2.000 unit lagi. Pada target ini, Bluebird berestimasi bisa menghemat bahan bakar sebanyak 94.909.091 liter dan mengurangi emisi CO2 sebesar 21.704.760 kilogram.

Memakai mobil listrik sebagai armada memang menjadi salah satu langkah perusahaan penyedia transportasi itu untuk peduli terhadap lingkungan. Langkah ini juga dilakukan dengan menggandeng World Wide Fund (WWF) dan Jagha Bumi, melalui program One Ride One Seed.

Lewat program tersebut, setiap penumpang nantinya akan berkontribusi menanam satu pohon di area sungai Ciliwung dan di tengah Jakarta. program ini akan dimulai Juli 2019 dengan target mencapai lebih dari 2.000 pohon.

Perlu diketahui juga bahwa harga Tesla Model X 75D A/T paling murah dibanderol US$200 ribu atau setara dengan Rp2,8 miliar. Sedangkan BYD E6 A/T sendiri merupakan mobil listrik yang diluncurkan pada 2010 lalu.

BERI KOMENTAR